spot_img
Sabtu 4 Mei 2024
spot_img
More

    Lestarikan Budaya Sunda, Iwan Bule Gubyag Balong Bersama Masyarakat Ciamis

    CIAMIS,FOKUSJabar.id: Lestarikan Budaya Tatar Pasundan Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra sekaligus Caleg DPR-RI Dapil X Jawa Barat (Kabupaten Ciamis, Kuningan, Pangandaran dan Kota Banjar) nomor urut 1 Mochamad Iriawan alias Iwan Bule menggelar acara Gubyag Balong di Dusun Tunggalrahayu, Desa/Kecamatan Cimaragas, Kabupaten Ciamis, Minggu (14/1/2024) lalu. 5 kuintal ikan disebarkan di empat kolam.

    Jika biasanya Gubyag Balong atau menangkap ikan secara masal di kolam dilakukan setiap memperingati Hari Kemerdekaan tapi kali ini berbeda Iwan Bule melaksanakan Gubyag Balong untuk melestarikan budaya Sunda dan bersilaturahmi dengan masyarakat.

    BACA JUGA: Tinjau Gudang Logistik KPU, Pj Wali Kota Bandung Minta Petugas Sortir Lipat Lebih Berhati-hati

    “Alhamdulillah saya bisa bersilaturahmi dengan masyarakat Cimaragas, Gubyag Balong ini budaya Sunda yang harus dilestarikan jangan sampai punah,” kata dia.

    Dari mulai anak-anak hingga orang dewasa ikut terlibat dalam kegiatan Gubyag Balong tersebut. Uniknya, dalam kegiatan itu Iwan Bule melepas ikan seberat 5 Kg untuk dijadikan sayembara. Bagi siapa saja yang berhasil menangkapnya akan mendapatkan hadiah.

    “Saya akan melepas ikan seberat 5 kilo gram ini ke kolam bagi siapa saja yang berhasil mendapatkannya akan mendapat hadiah dari saya,” ucapnya.

    BACA JUGA: KPU Kota Bandung Temukan Hampir 4.000 Surat Suara Rusak

    Dalam kesempatan itu Iwan Bule juga terlihat memborong petai dari seorang nenek tua sebanyak 2 ikat seharga Rp 500 ribu. “Saya borong semua petainya bu, lumayan buat nanti makan di hotel,” ucapnya.

    Sementara itu, tidak butuh waktu lama salah seorang peserta Gubyag Balong Iyan berhasil menangkap ikan seberat 5 Kg. Dengan semangatnya ia langsung menghampiri Iwan Bule untuk mengambil hadiah yang sudah dijanjikan.

    “Alhamdulillah ya senang sekali bisa ikut berpartisipasi dalam acara Gubyag Balong ini dan yang utama saya bisa mendapatkan hadiah. Terimakasih Pak Iwan Bule semoga Bapak terpilih menjadi Anggota DPR-RI,” kata dia.

    (Fauza/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img