spot_img
Rabu 1 Mei 2024
spot_img
More

    Tim Gabungan Berhasil Evakuasi Empat Rangkaian Gerbong KA

    BANDUNG,FOKUSJabar.id:Tim gabungan berhasil mengevakuasi empat rangkaian kereta api (KA) yang anjlok dalam kecelakaan KA di kawasan Cicalengka, Kabupaten Bandung, Jumat (5/1/2024).

    Untuk melakukan Evakuasi tersebut, sebanyak 200 personel gabungan dikerahkan yang terdiri dari tim KAI, KAI Commuter, BTP wilayah Jabar Kemenhub, Basarnas, dan Stakeholders terkait lainnya.

    BACA JUGA:

    4 Orang Dinyatakan Meninggal Dunia dan 33 Orang Luka-Luka, Akibat Tabrakan KA di Cicalengka

    KAI juga menggunakan alat berat berupa 1 unit crane, 6 unit dongkrak elektrik, serta peralatan pendukung alat berat lainnya. Adapun material yang digunakan dalam proses perbaikan jalur tersebut yaitu 100 buah bantalan rel.

    “Sementara rangkaian keluar dari jalur, sudah berhasil kita angkat sebanyak empat rangkaian. Kini tinggal dua rangkaian KA turangga yang harus di evakuasi,” kata Menager Humas PT KAI Daop 2 Bandung Ayep Hanapi.

    Meski demikian, ia mengaku belum mengetahui pasti terkait selesainya semua proses evakuasi. Pihaknya berharap, kegiatan evakuasi kecelakaan kereta api pada pagi tadi dapat berjalan aman dan lancar.

    BACA JUGA:

    Bank Indonesia Sambut Baik Keseriusan Pemkot Tasikmalaya Menangani Inflasi

    “Dengan kejadian ini, KA jarak jauh tujuan ke timur kita alihkan ke utara melalui Bandung, Cikampek, Cirebon, Purwekerto, Kroya dan Kutoarjo. Kita berharap proses evakuasi ini berjalan aman dan lancar,” ucapnya.

    Sementara kereta api dari Stasiun Bandung, seperti Argo Wilis relasi Bandung Surabaya Kubeng, KA Lodaya relasi Bandung Solo Balapan, juga Baturaden Ekspres relasi Bandung Purwokerto memutar melalui Cikampek.

    “Ada sebagain KA yang kita batalkan keberangkatannya, salah satunya perjalanan KA Cikuray Garut Pasar Senin. Kita berangkatkan hanya sampai Cibatu. Selanjutnya kita batalkan,” ujarnya.

    Terkait tiket KA, ia memastikan bahwa seluruh penumpang akan kembali mendapat pengembalian dana tiket 100 persen. Hal itu berlaku bagi seluruh penumpang KA, termasuk KA lokal.

    “Kita juga melayani posko. Bisa melalui kontak center 121 dan pelayanan posko di Stasiun Bandung. Kita menyampaikan juga permohonan maaf kepada seluruh penumpang yang terganggu dampak kecelaksaa,”pungkasnya.

    (Yusuf Mugni/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img