spot_img
Selasa 7 Mei 2024
spot_img
More

    Pangandaran Digoyang Gempa Tektonik M5,5

    PANGANDARAN,FOKUSJabar.id: Wilayah Kabupaten Pangandaran Jawa Barat (Jabar) diguncang gempa magnitudo berkekuatan 5,5, Kamis (28/12/2023) sekitar pukul 05:43.55 WIB.

    Hasil analisis Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menunjukkan, gempa bumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo M5,3.

    BACA JUGA:

    BMKG: Waspada Potensi Banjir Rob Mulai 6 Januari

    Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 8,18° LS ; 107,79° BT. Tepatnya di laut pada jarak 94 Km arah Barat Daya Kabupaten Pangandaran pada kedalaman 41 km.

    BMKG menyebut, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas penyesaran dalam Lempeng Eurasia (intraplate earthquake).

    Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa memiliki mekanisme pergerakan geser-naik (oblique-thrusting fault).

    Gempa bumi tersebut berdampak dan dirasakan di daerah Kabupaten Garut dengan skala intensitas IV MMI, Cilacap, Pelabuhan Ratu, Sukabumi, Cianjur, Bandung danBogor dengan skala intensitas II-III MMI.

    Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi tersebut tidak berpotensi Tsunami.

    Gempa Susulan:

    Hingga pukul 06.15 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya 1 (satu) aktivitas gempabumi susulan (aftershock).

    BMKG mengimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

    Berdasarkan hasil pantauan FOKUSJabar, belum diketahui adanya korban maupun kerusakan akibat gempa tersebut.

    (Sajidin/Bambang Fouristian)

    Berita Terbaru

    spot_img