spot_img
Sabtu 11 Mei 2024
spot_img
More

    Dorong Semangat Sineas di Jabar, BFC Gelar BFIA 2023

    BANDUNG,FOKUSJabar.id:Bandung Film Commission (BFC) kembali menggelar program Bandung Film Initiative Awards (BFIA) 2023 dengan tema ‘Spread The Spirit’

    Inisiator Program BFIA yang juga Sekretaris Jenderal BFC, Malikkul Shaleh mengatakan, program BFIA mendorong semangat para sineas di Bandung dan Jabar untuk terus memproduksi film.

    Bukan hanya sebagai karya seni melainkan juga sebagai karya yang bisa membawa manfaat.

    BACA JUGA:

    Performa Prabowo di debat Capres Picu Optimistis TKD Jabar

    “Kita berharap dengan adanya BFIA bisa memantik kesadaran semua pihak bahwa BFIA ini perlu diperjuangkan menjadi platform pembiayaan film permanen dan berkelanjutan di Jawa Barat,” kata Malikkul Shaleh, Rabu (13/12/2023).

    Malikul menyebut, BFIA tahun ini mempertemukan sineas beserta production house yang terkategorikan pelaku UMKM dengan sumber pembiayaan film lokal dan nasional serta membuka ruang-ruang diskusi untuk pengembangan perfilman Bandung dan Jabar.

    Pihaknya menilai, BFIA bisa menjadi komponen penting dalam pengembangan ekosistem perfilman di Jabar selama tidak dijalankan satu pihak. Artinya diperlukan peran pemerintah dan swasta.

    “Disparbud Jabar telah mendukung pengembangan industri perfilman sebagai salah satu sub sektor ekonomi kreatif melalui pengembangan ekosistem perfilman,” ucapnya.

    BACA JUGA:

    Nobar Debat Capres Disambut Antusias, TKD Jabar Pede Prabowo-Gibran Menang

    Malikul menambahkan, salah satu kegiatan BFIA yakni pemutaran perdana film omnibus atau ontologi berjudul “menjabarkan senyuman.”

    Dalam film tersebut, sedikitnya tujuh daerah yang mengangkat keunikan budaya Jabar.

    “Sebelumnya BFC telah menyasar sejumlah titik di wilayah Jabar dengan menggelar pelatihan produksi dan literasi film secara inklusif kepada masyarakat. Di mana karyanya turut diputar di BFIA,” pungkasnya.

    (Yusuf Mugni/Bambang Fouristian)

    Berita Terbaru

    spot_img