spot_img
Kamis 29 Februari 2024
spot_img
More

    BMKG: Wilayah Bandung Raya Diprediksi Bakal Diguyur Hujan Selama Tiga Hari Ke Depan

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bandung memprediksi kondisi cuaca di wilayah Bandung Raya terhitung 5 hingga 7 Desember 2023.

    Kepala Stasiun Geofisika Bandung Teguh Rahayu mengatakan, ada sejumlah pengaruh lokal yang menyebabkan hujan. Dengan penyerta petir dan angin kencang di sebagian wilayah Bandung.

    Baca Juga: UMK Kota Bandung Naik 3,97 Persen. Sekda: Minta Semua Pihak Hormati Keputusan Pemprov Jabar

    “Untuk wilayah Bandung Raya, angin mulai variabel. Masih ada angin timur dan angin barat yang terlihat aktif memasuki wilayah Bandung Raya. Terutama di antara siang, sore dan malam,” kata Teguh Rahayu, Selasa (5/12/2023).

    Teguh mengungkapkan, terhitung 1 Desember 2023 sebagian wilayah Bandung Raya telah memasuki awal musim hujan. Yang ditandai dengan pertumbuhan awan-awan rendah yang dapat menjadi awan konventif.

    “Kondisi ini berpotensi hujan, dengan intensitas ringan sampai lebat yang beriringan dengan petir skala lokal dan berdurasi singkat. Sedangkan puncak musim hujan di wilayah Bandung Raya perkiraannya Februari sampai Maret 2024,” ucapnya.

    Baca Juga: Sekda Kota Bandung, Minta Satpol PP dan Dishub Tindak Tegas Kendaraan Yang Parkir di Trotoar

    Pihaknya pun mengimbau kepada masyarakat agar tetap waspada terhadap terjadinya potensi dampak cuaca ekstrem. Seperti hujan dengan intensitas ringan hingga lebat serta petir, dan angin kencang.

    “Lalu ada potensi juga untuk angin beliung dan potensi hujan es yang dapat mengakibatkan bencana hidrometeorologis. Berupa genangan, banjir, tanah longsor, pohon tumbang dan dampak lainnya,” ujarnya terkait prediksi cuaca BMKG Wilayah Bandung Raya.

    (Yusuf Mugni/Irfansyahriza)  

    Berita Terbaru

    spot_img