spot_img
Monday 29 April 2024
spot_img
More

    Sekda Kota Bandung, Minta Satpol PP dan Dishub Tindak Tegas Kendaraan Yang Parkir di Trotoar

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung, Ema Sumarna menegaskan, fungsi trotoar hanya berhak dinikmati pejalan kaki. Ia juga dengan tegas melarang adanya parkir di kawasan ini.

    Ia meminta kesadaran pengguna kendaraan baik roda dua atau empat untuk sama-sama menghormati ruang bagi pejalan kaki.

    BACA JUGA: UMK Kota Bandung Naik 3,97 Persen. Sekda: Minta Semua Pihak Hormati Keputusan Pemprov Jabar

    “Tidak ada haknya sedikit pun untuk kendaraan bisa parkir di trotoar. Ini haknya pejalan kaki,” kata Ema Jumat (1/12/2023).

    Oleh karna itu, pihaknya meminta Satpol PP dan Dishub Kota Bandung untuk menindak tegas siapa pun yang memarkir kendaraan di trotoar jalan.

    “Trotoar itu sumber pembangunannya dari masyarakat. Dan harusnya dinikmati oleh masyarakat juga. Jadi saya mohon, sadar lah (para pengguna kendaraan yang parkir di trotoar),”ucapnya.

    Di sisi lain, Ema juga meminta adanya rekayasa trotoar. Rekayasa ini dimaksudkan agar trotoar tidak lagi digunakan sebagai tempat parkir.

    BACA JUGA: Kasus Kesehatan Mental Pada Usia Remaja di Kota Bandung Terus Mengalami Peningkatan

    “Bisa dipasang bolar-bolar seperti di Jalan Tamansari (Kawasan Kebun Seni dan ITB), atau ornamen lain sehingga tidak digunakan untuk parkir,” katanya.

    Perlu diketahui, Pemkot Bandung juga menerapkan sanksi terkait parkir sembarangan di trotoar. Mulai dari teguran lisan hingga tindakan penggembokan dan penyegelan.

    Adapun Pemkot Bandung memastikan perbaikan trotoar di tiga ruas jalan akan selesai akhir tahun ini. Ketiga ruas jalan tersebut antara lain Jalan Cihampelas, Jalan Gatot Subroto dan Jalan Pasir Kaliki.

    (Yusuf Mugni/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img