spot_img
Jumat 24 Mei 2024
spot_img
More

    Penerima Beasiswa Jabar Future Leaders Scholarship Dapat Bekal Soft Skills dan Pendidikan Leadership

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Sejak tahun 2020-2022, sebanyak 6.729 penerima beasiswa Jabar Future Leaders Scholarship mengikuti kegiatan program pendampingan online training.

    Jabar Future Leaders Scholarship merupakan program bantuan dana pendidikan dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat untuk masyarakat Jawa Barat. Para penerima beasiswa selain mendapatkan dana beasiswa juga mendapatkan Program Pendampingan untuk mengembangkan keterampilan kepemimpinan, pengembangan karir dan pengalaman kerja.

    Meski program beasiswa tersebut bertepatan dengan adanya pandemi Covid-19 dengan segala batasan aktifitas pelaksanaan pedampingan terus berjalan. Melalui Online Trining dan Pendapingan Penuh, untuk pendampingan penuh hanya diikuti penerima Beasiswa Prestasi Akademik yaitu D4/S1 Penuh, D3/D4 PSDKU, S2, dan S3. Kemudian pada tahun 2022 terdapat Top 3 Kaleidoskop yakni Warpasi (Universitas Pendidikan Indonesia), Grashoppr (Universitas Katolik Parahyangan), dan Genzmind (Universitas Pendidikan Indonesia).

    Setiap penerima beasiswa akan saling berkolaborasi menciptakan ide bisnis terkait isu-isu sosial yang menarik. Kemudian harapannya dapat memberi dampak positif pada lingkungan sosial di sekitarnya.

    Hingga kini lebih dari 185 karya dari penerima beasiswa setiap tahunnya memiliki konsep dan tema yang berbeda.

    Untuk pelaksanaan program tahun 2023 pendampingan akan berbentuk konferensi dengan tema “Jabar Future Leader: Navigating the future of West Java”.

    Penerima beasiswa Jabar Future Leaders Scholarship Dapat Pembekalan Kewirausahaan

    Jadi setiap penerima beasiswa menulis Karya Tulis Ilmiah sesuai dengan topik yakni kepemimpinan dan kewirausahaan. Kemudian untuk Karya Tulis Ilmiah yang terpilih akan terlibat dalam konferensi Jabar Future Leaders Scholarship Conference.

    Penerima Beasiswa Pendidikan S1 Penuh Universitas Institut Teknologi Bandung Moren menyampaikan, yang menarik dari program beasiswa iniselain mendapat beasiswa untuk belajar juga mendapat pendampingan yang bermanfaat.

    “saya tidak hanya menerima bantuan biaya untuk kuliah, namun menariknya ada program pendampingan yang sangat bermanfaat. Karena saya sebagai mahasiswa yang berkuliah di jurusan Bio Medis saya tidak pernah mengetahui terkait ekonomi dan lainnya. Tapi sejak mengikuti program pendampingan saya jadi tau cara membuat business proposal, bagaimana membuat karya tulis dan lainnya,” ungkap Moren.

    Harapannya program pendampingan dapat membantu penerima beasiswa dalam mengembangkan soft skills. Kemudian juga menumbuhkan jiwa kepemimpinan serta kewirausahaan. Selain itu, penerima beasiswa Jabar Future Leaders Scholarship dapat memiliki wadah untuk mengoptimalkan potensi yang dimiliki dan menciptakan project collaboration yang dapat berdampak pada masyarakat.

    (Ir H Juwanda/Irfansyahriza)

    Berita Terbaru

    spot_img