spot_img
Kamis 29 Februari 2024
spot_img
More

    Kesbangpol Kota Tasikmlaya Ajak Pelajar Ikut Partisipasi dalam Pemilu

    TASIKMALAYA,FOKUSJabar.id: Kesatuan Bangsa Dan Politik (Kesbangpol) Kota Tasikmalaya berikan pemahaman tentang politik kepada pelajar SMA/SMK sederajat, jelang Pemilu 2024. 

    Kepala Kesbangpol Kota Tasikmalaya Ade Hendar mengatakan, pemberian pemahaman politik ini agar siswa yang merupakan pemilih pemula ini memahami demokrasi di Indonesia.

    “Kegiatan ini memberikan pengetahuan sekaligus mendorong para pelajar yang menjadi pemilih pemula untuk berperan aktif dalam mensukseskan Pemilu serentak tahun 2024 mendatang,” kata Ade dalam kegiatan FGD Kesbangpol Kota Tasikmalaya dengan tema peran pelajar dalam mensukseskan pemilu serentak 2024 di Ballroom Hotel City Kota Tasikmalaya, Jumat (1/12/2023).

    BACA JUGA: Kota Tasikmalaya dapat Dua Penghargaan Sekaligus

    Ia menjelaskan, pelajar ini sebagai warga negara yang baik dan memiliki hak pilih pada pemilu serentak 2024 mendatang, yang menentukan masa depan kepemimpinan Indonesia.

    “Mereka ini generasi gen Z, yang diharapkan bisa berkontribusi dalam menentukan Indonesia ke depan, dengan aktif menggunakan hak pilihnya saat pencoblosan nanti,” kata dia. 

    Menurutnya, diskusi ini tentu menambah pengetahuan para pelajar tentang demokrasi, dan bisa menjadi agen-agen informasi ke teman-teman lainnya di sekolahnya.

    “Kita sinyalir bahwa gen Z ini, sedikit apatis dengan Pemilu, dan untuk menjawab kekhawatiran tersebut, perlu dilakukan forum diskusi bersama unsur penyelenggara pemilu agar sikap  apatis tersebut tidak terbukti,” kata dia.

    BACA JUGA: Bapenda Kota Tasikmalaya Ajak Pengusaha Restoran Taat Pajak

    Lebih lanjut Ade menambahkan, proses demokrasi bagi pelajar ini wajib diperkenalkan dan dipahami sejak awal, agar mereka tidak galau, bimbang dan apatis saat ada pemilu.

    “Pemilu adalah pesta demokrasi, sehingga seluruh warga negara wajib berperan demi suksesnya pemilu salah satunya menyalurkan hak pilihnya,” kata dia.

     (Seda/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img