spot_img
Kamis 9 Mei 2024
spot_img
More

    Netizen Malaysia Nyinyir, Bahasa Indonesia jadi Bahasa Konferensi UNESCo

    FOKUSJabar.id: Setelah UNESCO resmi menetapkan Bahasa Indonesia sebagai Bahasa resmi ke-10 yang bisa dipakai dalam Konferensi Umum UNESCO beragam komentar dari netizen membanjiri sosial media bukan hanya dari Indonesia netizen Negara tetangga pun ikut berkomentar. 

    Seperti diketahui bahwa UNESCO yang merupakan badan khusus PBB menetapkan Bahasa Indonesia sebagai bahasa resmi melalui resolusi yang berjudul ‘Recognition of The General Conference of UNESCO dalam Konferensi Umum yang digelar di Paris, Prancis, Senin (20/11/2023). 

    Dengan begitu, saat ini Bahasa Indonesia menjadi bahasa ke-10 yang diakui sebagai bahasa resmi dalam sidang umum UNESCO mengikuti sembilan bahasa resmi lainnya yakni, bahasa Inggris, Arab, Mandarin, Prancis, Spanyol, Rusia, Hindi, Italia dan Portugis.

    BACA JUGA: Bahasa Indonesia Resmi Jadi Bahasa ke-10 Yang Dipakai Dalam Konferensi Umum UNESCO

    Hal itu menjadi kebanggaan bagi rakyat Indonesia terbukti dengan banyaknya komentar positif dari netizen Indonesia yang membanjiri kolom komentar Presiden RI Joko Widodo. 

    “Alhamdulillah, jangan ada lagi yang nggak bangga saat pidato berbahasa Indonesia,” tulis netizen. 

    “Indonesia mendunia, terimakasih Pak jokowi. Bangga,” tulis netizen. 

    “Akhirnya bahasa Indonesia resmi mendunia,” tulis netizen. 

    “Bukan bahasa Melayu tapi bahasa Indonesia,” tulis netizen. 

    Namun nampaknya bukan hanya rakyat Indonesia yang ikut berkomentar mengenai hal tersebut, netizen dari negara tetangga Malaysia juga ikut berkomentar. 

    Bedanya, jika netizen Indonesia bangga dengan capain tersebut netizen Malaysia justru berbeda kebanyakan dari mereka tidak menerima dan berkomentar dengan nada nyinyir. 

    BACA JUGA: Jokowi Akui Belum Ada Investor Asing di IKN

    “Bahasa Melayu bertopengkan nama bahasa Indonesia,” tulis netizen Malaysia. 

    “Malaysia, Indonesia, Singapura, Brunei semua pakai bahasa Melayu. Indonesia spesial klaim bahasa negara pedahal tidak ada suku Indonesia yang ada negara,” tulis netizen Malaysia.

    (Fuaza/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img