spot_img
Monday 29 April 2024
spot_img
More

    Jokowi Akui Belum Ada Investor Asing di IKN

    JAKARTA,FOKUJabar.id: Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengakui belum ada investor asing di Ibu Kota Nusantara (IKN). Hal itu ia sampaikan usai hadir di APEC CEO Summit, San Fransisco, Amerika Serikat, pada Kamis (16/11/2023).

    “Sampai saat ini belum ada (investor asing di IKN),” ujar Jokowi dalam keterangannya yang diunggah di kanal YouTube Sekretariat Presiden.

    Namun, Jokowi mengaku yakin investor dalam negeri terlibat aktif dalam menanamkan modalnya di IKN. Ia pun berharap situasi itu menjadi katalis agar investor asing untuk masuk.

    “Saya yakin bahwa setelah investor di dalam negeri bergerak, semakin banyak setiap bulannya investor dari luar akan segera masuk. Kita lihat saja nanti pasti akan masuk,” kata dia.

    Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menyampaikan, investasi tahap awal di IKN akan difokuskan pada sektor pendidikan, kesehatan dan teknologi.

    BACA JUGA: Pimpin Rapat Paripurna MUI, Ma’ruf Amin Bahas Ketua Umum Baru

    Saat berpidato di APEC CEO Summit, Jokowi membeberkan investasi prioritas di Indonesia. Rencana awal Indonesia, dijelaskan Jokowi, adalah hilirisasi industri.

    Apalagi, Indonesia merupakan salah satu negara dengan kandungan mineral terbesar di dunia. Hal itu tentunya mendukung Indonesia dalam proyek pembangunan ekosistem kendaraan listrik atau electric vechicle (EV).

    Dimulai aktif produksi mulai 2024, menurut Jokowi, Indonesia menargetkan bisa memproduksi 600 ribu mobil listrik pada 2030 mendatang.

    “Ada beberapa sektor prioritas kami. Pertama, hilirisasi industri sebagai pemilik cadangan nikel terbesar di dunia dan beragam mineral kritis lainnya. Beragam insentif dan fasilitas telah disiapkan dan saya berharap pebisnis APEC dapat mengambil bagian besar,” ujar Jokowi.

    Kedua, Jokowi menyebut prioritas investasi yang disiapkan adalah transisi energi menuju energi hijau. Hal ini dilakukan untuk mewujudkan ekonomi hijau di masa depan.

    “Indonesia memiliki potensi yang luar biasa, 3.600 GigaWatt energi baru terbarukan, dan tengah dibangun 30.000 hektar green industrial park, di mana untuk pengembangannya dibutuhkan investasi, dibutuhkan pengetahuan, dibutuhkan teknologi terkini, untuk menghasilkan nilai tambah sekaligus menyejahterakan masyarakat secara berkelanjutan,” kata Jokowi.

    Ketiga, pemerintah Indonesia juga memfokuskan investasi pada pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN). Menurutnya, konsep IKN adalah kota pintar berbasis hutan dan alam.

    “Sebesar 70 persen area hijau, 80 persen transportasi publik berbasis energi hijau yang terbuka di berbagai sektor infrastruktur, transportasi, teknologi, pendidikan, energi, keuangan, pariwisata, kesehatan, dan perumahan,” ujar Jokowi.

    (Agung)

    Berita Terbaru

    spot_img