spot_img
Rabu 17 Juli 2024
spot_img
More

    Tips Membersihkan Interior Mobil dari Bau Asap Rokok

    FOKUSJabar.id: Tips membersihkan interior mobil dari bau asap rokok. Merokok saat berkendara bukan hanya berpotensi mengganggu kenyamanan pengemudi dan penumpang, tetapi juga dapat menimbulkan dampak negatif pada kondisi interior mobil.

    Selain melanggar peraturan lalu lintas, merokok di dalam kendaraan dapat menyebabkan bau tak sedap yang sulit dihilangkan dan bahkan merusak komponen mobil. 

    Melansir kompas.com, berikut dampak negatif merokok saat berkendara dan beberapa tips untuk membersihkan interior mobil dari bau asap rokok.

    Dampak Merokok Saat Berkendara

    Merokok saat mengemudi tidak hanya melanggar aturan lalu lintas, tetapi juga berpotensi menyebabkan kecelakaan. Pasal 106 Undang-undang Nomor 22 Tahun 2008 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) mengatur larangan merokok saat berkendara dengan sanksi denda hingga Rp 500.000. Selain itu, kebiasaan merokok di dalam mobil dapat mengakibatkan harga jual kembali kendaraan yang lebih rendah karena sulitnya menghilangkan bau asap rokok.

    Menurut Nur Imansyah Tara, Aftersales Business Division Head Auto2000, asap rokok dapat menyebabkan perubahan warna pada bagian plafon mobil. 

    Oleh karena itu, pemilik mobil perlu melakukan upaya pembersihan untuk menjaga kenyamanan dan nilai kendaraannya.

    Baca Juga: Pentingnya Merawat Mobil Setelah Road Trip

    Tips Membersihkan Interior Mobil dari Bau Asap Rokok

    Vakum dan Bersihkan Karpet dengan Teliti: Gunakan vakum untuk membersihkan debu dan abu rokok dari karpet dan pelapis interior mobil. 

    Pastikan untuk membersihkan dengan teliti di bawah kursi dan di antara celah-celah yang mungkin terdapat kotoran abu rokok.

    Cairan Pembersih Interior: Untuk menghilangkan bau asap rokok, gunakan cairan pembersih interior yang sesuai dengan bahan interior mobil Anda. 

    Gunakan lap berbahan katun untuk mengaplikasikan cairan pembersih pada area atau panel-panel yang terkena asap rokok.

    Tambahkan Pengharum Alami: Christopher Sebastian, Presiden Direktur XTO Car Care, menyarankan penggunaan bahan alami seperti bubuk vanilla atau kayu manis sebagai pengharum alami. 

    Bahan ini tidak hanya menyerap bau, tetapi juga menyebarkan aroma yang menyegarkan.

    Vacum Cleaner dan Lap Bersih: Gunakan vacum cleaner untuk membersihkan interior mobil secara menyeluruh, termasuk jok, dasbor, dan plafon. Lap bersih dengan cairan pembersih untuk hasil yang optimal.

    Fogging: Jika memungkinkan, lakukan fogging untuk mengurangi atau menghilangkan bau rokok dalam kabin. Pastikan sirkulasi udara dalam kabin baik dengan menyalakan AC dan membuka kaca mobil saat berkendara perlahan.

    Dengan menjalankan langkah-langkah di atas, pemilik mobil dapat meminimalkan dampak negatif merokok saat berkendara dan menjaga interior mobil tetap bersih dan nyaman. 

    Selain itu, tindakan ini juga dapat meningkatkan nilai jual kembali kendaraan.

    (Erwin)

    Berita Terbaru

    spot_img