spot_img
Selasa 16 Juli 2024
spot_img
More

    Menjaga Kesehatan Mata: Kunci untuk Penglihatan yang Optimal

    FOKUSJabar.id: Menjaga Kesehatan Mata, mata adalah salah satu anugerah berharga yang diberikan kepada manusia. Keberadaannya memungkinkan kita untuk melihat dunia di sekitar kita dengan jelas. 

    Oleh karena itu, menjaga kesehatan mata sangat penting. Mata yang sehat tidak hanya memungkinkan kita untuk melihat dengan jelas, tetapi juga memastikan bahwa aktivitas sehari-hari berjalan dengan lancar dan nyaman.

    Setiap aktivitas harian yang kita lakukan sangat bergantung pada fungsi mata sebagai indra penglihatan utama. 

    Meskipun kita mungkin mengalami penurunan fungsi mata seiring bertambahnya usia, tetapi kita masih memiliki kendali atas kesehatan mata kita. 

    Melansir dari Alodokter, berikut adalah beberapa cara untuk menjaga kesehatan mata:

    1. Periksakan Mata Secara Rutin

    Menurut para ahli, pemeriksaan mata rutin sangat penting. Anak-anak hingga lansia disarankan untuk memeriksakan mata setidaknya setiap dua tahun sekali. 

    Orang dewasa di atas usia 40 tahun bahkan disarankan untuk memeriksakan mata setahun sekali. 

    Hal ini bertujuan untuk mendeteksi dan mencegah penyakit mata yang berkaitan dengan pertambahan usia, seperti degenerasi makula, glaukoma, dan katarak. 

    Pemeriksaan mata juga dapat membantu dokter untuk mendeteksi masalah mata yang berkaitan dengan kondisi medis seperti diabetes dan tekanan darah tinggi.

    2. Konsumsi Makanan Sehat untuk Mata

    Asupan nutrisi yang tepat sangat penting untuk kesehatan mata. Vitamin A, C, E, lutein, selenium, dan asam lemak omega-3 adalah nutrisi yang dapat membantu melindungi mata dari masalah yang terkait dengan pertambahan usia seperti katarak dan degenerasi makula. 

    Makanan seperti sayuran berdaun hijau, salmon, tuna, telur, kacang-kacangan, dan jeruk adalah sumber nutrisi-nutrisi ini.

    Baca Juga: Sakit Gigi Pertama Kali: Langkah Darurat Sebelum Ke Dokter Gigi

    3. Istirahatkan Mata Anda

    Terlalu lama menatap layar komputer atau smartphone bisa menyebabkan kelelahan mata. Gejala umumnya meliputi sakit kepala, nyeri leher, sakit bahu dan punggung, mata kering, dan penglihatan kabur. 

    Jika Anda bekerja di depan komputer sepanjang hari, penting untuk mengistirahatkan mata dengan mengalihkan pandangan selama 20 detik setiap 20 menit, dan mengistirahatkan mata selama 15 menit setiap 2 jam sekali. Jika mata terasa kering, gunakan obat tetes mata atau sering mengedipkan mata.

    4. Lindungi Mata Dari Sinar Ultraviolet (UV)

    Sinar ultraviolet tidak hanya berbahaya bagi kulit kita, tetapi juga bagi mata. Paparan berlebihan dapat meningkatkan risiko katarak, degenerasi makula, kornea terbakar, dan bahkan kanker mata. 

    Oleh karena itu, selalu gunakan kacamata hitam yang melindungi mata dari sinar UVA dan UVB saat beraktivitas di bawah matahari terik, atau kenakan topi bertepi lebar.

    5. Berhenti Merokok

    Merokok adalah salah satu faktor risiko utama untuk penyakit mata serius. Merokok dapat meningkatkan risiko katarak, degenerasi makula, kerusakan saraf optik, dan bahkan dapat menyebabkan kebutaan. 

    Oleh karena itu, jika Anda seorang perokok, pertimbangkan untuk menghentikan kebiasaan merokok ini.

    6. Hati-Hati Dengan Make Up Mata

    Menggunakan make up mata dengan bijak juga penting untuk menjaga kesehatan mata. Make up berbentuk cairan atau krim cenderung menjadi tempat berkembang biaknya bakteri jika menggunakannya terlalu lama. 

    Gantilah make up yang telah kita gunakan selama 3 bulan. Pastikan untuk membersihkan make up dengan benar sebelum dan setelah penggunaan. 

    Jika Anda mengalami iritasi atau infeksi mata saat menggunakan make up, segera hentikan penggunaan dan berkonsultasi dengan dokter.

    7. Olahraga Rutin

    Penelitian telah menunjukkan bahwa berolahraga secara teratur dapat mengurangi risiko penyakit mata dan dapat membantu mengontrol tekanan darah tinggi, diabetes, dan kadar kolesterol yang tinggi. Olahraga juga dapat membantu mengurangi risiko kehilangan penglihatan.

    Selain langkah-langkah di atas, penting untuk tidak mengabaikan tanda-tanda masalah mata atau keluhan. Jika Anda mengalami gejala yang mencurigakan, seperti mata merah, bengkak, atau penglihatan kabur, segera berkonsultasi dengan dokter mata. 

    Dengan menjaga kesehatan mata Anda, Anda dapat menikmati dunia dengan pandangan yang tajam dan sehat. 

    Semoga mata Anda selalu dalam keadaan prima!

    (Erwin)

    Berita Terbaru

    spot_img