spot_img
Rabu 17 Juli 2024
spot_img
More

    Kepercayaan Masyarakat Terhadap Puskesmas Sindangwangi Pangandaran Meningkat

    PANGANDARAN,FOKUSJabar.id: Tingkat kepercayaan masyarakat terhadap pelayanan Puskesmas Sindangwangi Kecamatan Padaherang Kabupaten Pangandaran Jawa Barat (Jabar) semakin meningkat.

    Demikian dikatakan Penanggung Jabab Upaya Kesehatan Masyarakat (PJ UKM) Puskesmas Sindangwangi, Rizal Qudrotulloh.

    BACA JUGA:

    Kakek Tua di Pangandaran Diduga Lecehkan Dua Anak Dibawah Umur

    Ia menyebut, kepercayaan masyarakat semakin meningkat sejak adanya bangunan baru dan perbaikan di bagian manajemen.

    “Awal tahun 2022 bangunan Puskesmas kan baru. Kita memperbaiki semua kaitan manajemen pelayanan. Baik itu Upaya Kesehatan Perseorangan (UKP) maupun di Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM),” kata Dia di ruang kerjanya, Selasa (7/11/2023).

    Menurut Dia, dalam pelayanan UKM pihaknya lebih menyerap keinginan, masukan, kritikan dan saran dari masyarakat.

    “Setiap masukan dari masyarakat (pelayanan internal maupun eksternal) langsung kita tindaklanjuti. Dan kita bahas di masing-masing penanggung jawab,” katanya.

    Selain itu, tingkat kepuasan masyarakat juga tidak luput dari peran Pemda Pangandaran yang langsung merespon keinginan dari masyarakat.

    “Kalau dulu kan pelayananya kurang. Bangunannya juga kurang. Tapi Alhamdulilah itikad baik dari Pemda (Pak Bupati) yang menginisiasi pembangunn gedung baru dengan fasilitas baru dan pelayanan SDM jauh lebih baik dari sebelumnya,” paparnya.

    BACA JUGA:

    Duh! di Pangandaran APK Dipaku di Pohon

    Dia menyebut, saat ini masyarakat menginginkan adanya pelayanan rawat inap.

    “Banyak masyarakat yang meminta Puskesmas Sindangwangi ada tempat rawat inap. Tapi, itu kan bukan kewenangan kita. Tapi mudah-mudahan itu bisa menjadi masukan ke Pemda,” imbuhnya.

    Salah satu pasien asal Desa Karangsari, Muspiroh (70) mengatakan, Puskesmas Sindangwangi kini jauh lebih nyaman. Baik dari sisi pelayanan hingga fasilitas kesehatannya.

    “Selain lingkunganya bersih, etugas kesehatanya ramah. Di sini juga ada lokasi untuk bermain anak,” ungkapnya.

    “Tidak dipersulit juga ketika berobat menggunakan Kartu Indonesia Sehat (KIS) Kertawaluya,” tambahnya.

    Sebagai informasi, Puskesmas Sindangwangi mendapatkan predikat sebagai Puskesmas non rawat inap pertama dengan peringkat akreditasi paripurna.

    Puskesmas Sindangwangi melayani 5 desa di Kabupaten Pangandaran. Yakni, Desa Sindangwangi, Ciganjeng, Karangsari, Bojongsari dan Desa Sukanagara.

    (Sajidin/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img