spot_img
Minggu 28 April 2024
spot_img
More

    Cetak ASN Berkualitas, Pemprov Jabar Luncurkan CorpU Talent

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Pemprov Jabar luncurkan program Jabar Corporate University (CorpU) Talent. Program ini bertujuan guna mencetak aparatur sipil negara (ASN) yang berkompeten dan komplit di Jawa Barat.

    Peningkatan kompetensi diperlukan agar ASN memiliki kemampuan lebih termasuk kepekaan terhadap permasalahan masyarakat. 

    Penjabat Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin mengaku optimistis bahwa dengan CorpU Talent inu mampu mencetak ASN yang responsif, adaptif dan berintegritas dengan menghadirkan solusi bagi masyarakat sekitar melalui skill dan kompetensi yang dimiliki.

    BACA JUGA: Pengadaan Barang dan Jasa di Pemprov Jabar Harus Menggunakan Produk Lokal

    Salah satu skill yang diharapkan muncul dari ASN dikatakan Bey yakni upaya penyadaran masyarakat arti penting memilah sampah sejak dari rumah. 

    “Jabar CorpU Talent harus dapat memahami arti kepatutan dan kepatuhan, karena ini adalah kunci integritas ASN,” katanya. Kamis (2/11/2023).

    Bey meminta ASN Jabar untuk menjadi pelopor dalam gerakan pemilahan sampah di lingkungan tempat tinggal. 

     “Memulai gerakan memilah sampah dari rumah bersama anggota keluarga,” kata dia.

    Selain masalah lingkungan, Bey juga mengajak ASN Jabar responsif terhadap penanganan inflasi daerah, stunting, dan kekeringan yang mengakibatkan beberapa daerah kekurangan pasokan air bersih. 

    “Jabar CorpU Talent diharapkan mampu meningkatkan kepekaan ASN terhadap isu aktual,” ucapnya.

    Sebelum Jabar CorpU Talent diluncurkan, Bey mengatakan pada awal Oktober 2023 sudah dilakukan Learning Council Meeting (LCM) yang disepakati oleh para kepala perangkat daerah mengenai ujicoba program ini. 

    Uji coba tersebut terdiri dari tiga kegiatan yakni Jabar Development Program (JDP), Jabar Leadership Program (JLP), dan Jabar Thematic Academy (JTA).

    BACA JUGA: Pemprov Jabar Beri Motivasi Kafilah Asal Jabar di STQH Nasional XXVII

    JDP fokus pada ASN yang teridentifikasi masih memiliki gap yang besar antara kompetensi dengan perangkat kerja. 

    Sementara, JLP fokus pada ASN di boks 7,8,9 pada pemetaan talenta. Sedangkan JTA fokus pada ASN di perangkat daerah agar mampu memberikan kontribusi nyata pada pencapaian visi misi Jabar Juara Lahir Batin. 

    (Budiana Martin/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img