spot_img
Jumat 10 Mei 2024
spot_img
More

    BLT El Nino Rp200 Ribu per Bulan Bakal Disalurkan pada November 2023

    JAKARTA,FOKUSJabar.id: Pemerintah akan menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) El Nino untuk para Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang berjumlah 18,8 juta jiwa diseluruh Tanah Air.

    BLT El-Nino itu akan disalurkan pada bulan November-Desember 2023 syarat penerima bantuan itu yakni merupakan orang yang termasuk dalam program keluarga harapan (PKH).

    Kabar itu disampaikan Menteri Keuangan Indonesia, Sri Mulyani yang memaparkan, bantuan itu disalurkan oleh pemerintah untuk masyarakat tidak mampu agar bisa bertahan ditengah kondisi kekeringan akibat fenomena El Nino.

    “bantuan BLT El-Nino akan disalurkan sebesar Rp 200 ribu per bulannya selama bulan November sampai Desember,” kata Sri Mulyani saat konferensi pers ‘APBN Kita’ di Jakarta, Rabu (25/10) lalu.

    BACA JUGA: Polres Ciamis Berhasil Menangkap 3 Pencuri Ternak

    Dia menegaskan bahwa bantuan itu tidak mungkin tidak tepat sasaran karena data para penerima BLT El-Nino sudah terdaftar Kementerian Sosial.

    “Bantuan sebesar Rp 200 ribu itu diberikan untuk menambah daya beli masyarakat. BLT itu diberikan karena ada fenomena El-Nino untuk 18,8 juta KPM yang nama, alamat serta nomor akun nya sudah terdata di Kemensos RI dengan begitu tidak perlu lagi mendata siapa target penerima bantuan,” ucapnya.

    Terkait penyaluran bantuan BLT El-Nino tersebut Sri mengungkapkan bahwa tekhnis penyaluran akan diserahkan kepada Kemensos RI.

    Oleh karena itu dia berharap agar Menteri Sosial Tri Rismaharini bisa menyalurkan bantuan itu dengan tepat sasaran sesuai dengan data yang tercantum di Kemensos RI.

    “Penyaluran akan dilakukan oleh Kemensos, saya berharap Bu Risma bisa menyalurkan BLT El-Nino ini kepada 18,8 juta KPM yang sudah terdaftar di Kemensos RI,” pungkasnya.

    (Fauza/Agung)

    Berita Terbaru

    spot_img