spot_img
Minggu 5 Mei 2024
spot_img
More

    Lantik Pengurus Korda Tasikmalaya, Ketua IJTI Jabar Minta Wartawan Bisa Bertanggungjawab

    TASIKMALAYA,FOKUSJabar.id: Hendra Herdiana, kontributor Metro TV Tasikmalaya, dipercaya menahkodai Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Korda Tasikmalaya periode 2023-2026. 

    Ayah, sapaan akrabnya Hendra, terpilih secara aklamasi saat pelaksanaan Musyawarah Koordinator Daerah (Muskorda) Tasikmalaya yang di gelar di Hotel Asri Plaza Asia, jalan H.Z. Mustafa Kota Tasikmalaya Rabu (25/10/23).

    Muskomda IJTI sendiri dihadiri sejumlah pejabat daerah seperti Wakil Bupati Tasikmalaya Cecep Nurul Yakin, Kepala Diskominfo Kota Tasikmalaya Hanafi dan unsur forkopimda lainnya.

    BACA JUGA: Pohon Tumbang Tutup Jembatan Cinta, Arus Lalu Lintas di Kecamatan Bandung Kulon Macet Parah

    Usai terpilih dalam Muskorda, Hendra Herdiana langsung dilantik secara resmi menjadi Ketua IJTI Korda Tasikmalaya langsung Ketua Pengurus Daerah (Pengda) IJTI Jawa Barat Ichwan Sabar Romli

    “Saya berharap, rekan-rekan media di IJTI terus bekerja dengan profesional dalam setiap memberikan sebuah berita maupun informasi untuk masyarakat luas agar masyarakat semakin berkualitas dan bermartabat,” kata dia Ichwan.

    Ia menjelaskan, di era keterbukaan informasi dan digitalisasi informasi saat ini, tentu sebagai jurnalis dituntut mampu memberikan informasi secara cepat dan tepat.

    “Organisasi profesi jurnalis ini, harus menjadi trigger terdepan, yang selalu hadir dan mampu memberikan manfaatnya dalam mengedukasi informasi bagi masyarakat,” ujarnya.

    “Saya tentu menekankan bagi temen-temen jurnalis khususnya yang ada di IJTI, mampu menjadi leader dalam mengedukasi masyarakat melalui karya jurnalisnya dengan pola jurnalisme positif, jurnalis sebagai shan smeaker, investigator,” kata dia menambahkan. 

    Dirinya pun mengingatkan rekan-rekan media tetap konsisten dalam menjalankan kode etik profesi wartawan.

    “kode etik jurnalistik menjadi ranah yang sangat penting dipegang oleh setiap individu wartawan, agar wartawannya bertanggungjawab dan hasil karya jurnalismenya pun dapat dipertanggung jawabkan,” ujar dia.

    Sementara Ketua IJTI Korda Tasikmalaya Hendra Herdiana mengatakan, hadirnya organisasi profesi ini harus menjadi trigger kedepan bagi para jurnalis dalam melaksanakan profesinya.

    “Organisasi IJTI bisa memberikan nilai-nilai positif dan pencerahan informasi bagi masyarakat luas, dan mampu meningkatkan edukasi pengetahuan dan pemahaman terhadap masyarakat terkait isu-isu yang sedang terjadi,” ujarnya.

    Ia pun mengaku, siap melakukan bimbingan dan pembinaan sekaligus pengawasan agar rekan-rekan jurnalis yang tergabung di IJTI mampu menjalankan profesinya dengan baik dan profesional sesuai kode etik jurnalistik.

    BACA JUGA: Salma Salsabil Siap Tampil di Malam Puncak HUT ke-22 Kota Tasikmalaya

    “Kita inginkan profesi jurnalis ini benar-benar mampu memberikan kebermanfaatan bagi masyarakat dengan memberikan informasi dan berita yang positif dan bertanggung jawab,” ujarnya.

    Dirinya pun menuturkan, siap bersinergi dan berkolaborasi dengan berbagai organisasi profesi wartawan lainnya dalam memberikan informasi dan berita yang cepat dan akurat. 

    (Seda/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img