spot_img
Sabtu 18 Mei 2024
spot_img
More

    Jambore Jota Joti Tambah Wawasan Berkomunikasi Pramuka Ciamis

    CIAMIS,FOKUSJabar.id: Ratusan anggota Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) gerakan Pramuka Ciamis yang menggandeng Organisasi  Amatir Radio Indonesia (ORARI) laksanakan Jambore On The Air (JOTA) dan Jambore On The Internet. Bertempat di Gedung Dasa Darma Ciamis Jawa Barat. Jumat (20/10/2023).

    Menurut Sekretaris Kwarcab gerakan Pramuka Ciamis Candra Utama, kegiatan Jambore tersebut untuk meningkatkan wawasan para anggota Pramuka dalam berkomunikasi dengan dunia luar lewat radio maupun internet.

    BACA JUGA: HPDKI Baregbeg Ciamis Gelar Kontes Kecantikan

    “Dengan kegiatan Jambore radio maupun internet ini memberi kesempatan kepada anggota Pramuka saling bertukar informasi dengan anggota Pramuka di seluruh Indonesia maupun dengan negara lain,” katanya.

    Candra menuturkan, dengan saling berkomunikasi antar anggota Pramuka di seluruh Indonesia maupun dengan negara lain maka pengetahuan mereka akan bertambah.

    BACA JUGA: Dandim 0613/Ciamis: Isbat Nikah Merupakan Program Unggulan TMMD

    “Dengan bisa nya berkomunikasi dengan Pramuka lain nya Pramuka Ciamis bisa saling bertukar pengalaman dan ilmu sehingga menambah wawasan mereka,” ucapnya.

    Candra mengatakan, dengan Jambore Jota-Joti tersebut ke depannya bisa menjadi model partisipasi anggota Pramuka dalam menumbuh kembangkan keterampilan cara berkomunikasi yang baik dan benar dan membangun kemanusian yang utuh sesuai dasa darma Pramuka.

    “Dengan bisa berkomunikasi baik dan benar di dunia maya maka ilmu pengetahuan juga semakin bertambah,” terangnya.

    Candra menambahkan,  Empat pilar dalam mewujudkan visi dan misi gerakan pramuka Ciamis SEGERA ( Selamatkan Generasi) yaitu selamatkan generasi dari sisi SDM nya, sisi kelembagaan nya, sisi habitat nya dan sisi peradabannya. Jadi anggota Pramuka harus betul betul mencerminkan kode etik Tri Satya dan Dasa Darma.

    “Ke Empat unsur tadi sasaran kepramukaan Ciamis yang memiliki akhlaq mulia dan bertaqwa kepada Alloh  SWT, “tegasnya.

    (Husen Maharaja/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img