spot_img
Minggu 5 Mei 2024
spot_img
More

    Aksi Bela Palestina di Ciamis, Massa Minta Lembaga Dunia Hentikan Serangan Israel ke Palestina

    CIAMIS,FOKUSJabar.id: Ribuan massa yang tergabung dalam Forum Silaturahmi Pondok Pesantren (FSPP) menggelar aksi bela Palestina di Alun-alun Ciamis. Dalam aksi itu massa meminta agar pemimpin negara dan lembaga dunia menghentikan serangan Israel ke Palestina. 

    Pantauan fokusjabar.id di lokasi, Jumat (20/10/2023), ribuan massa aksi berkumpul di pusat kota Ciamis yang tergabung dalam 100 pesantren FSPP Ciamis. Massa berkumpul di Alun-alun dari mulai anak-anak sampai orang dewasa bersemangat menyerukan aksi bela Palestina. 

    Terlihat ribuan massa aksi membawa bendera Palestina dan membawa spanduk yang bertuliskan kecaman yang dilakukan Zionis Israel terhadap masyarakat Palestina. 

    BACA JUGA: Aksi Bela Palestina, FPI Kecewa dengan DPRD Ciamis

    “FSPP mendesak pemimpin negara dan lembaga dunia agar serius menekan Zionis Israel segera menghentikan serangan Israel dan memenuhi hak masyarakat Palestina,” kata Ketua FSPP Nonop Hanapi saat melakukan orasi. 

    Menurutnya, aksi bela Palestina yang dilakukan di Ciamis bukan kali pertama, tetapi sudah sering dilakukan dan perjuangan tidak akan berhenti sampai Palestina bebas dari penjajahan. 

    “Ini bukan usaha kami yang pertama, aksi bela Palestina ini sudah sering kami lakukan. Sekarang ribuan massa dari 100 pesantren FSPP, ormas dan masyarakat turun ke jalan sebagai bentuk aksi membela Palestina. Kami akan terus berjuang untuk kemerdekaan Palestina,” ucap Ketua FSPP Nonop Hanapi saat melakukan orasi. 

    Dalam orasi itu Nonop juga menyebut bahwa serangan yang dilakukan oleh Isarel bukan hanya kepada agama Islam melainkan peradaban umat manusia termasuk genosida. 

    “Kalau punya rasa empati pasti terketuk hatinya untuk membela Palestina. Saya lihat berdasarkan keterangan dari Palestina serangan yang dilakukan Israel kali ini ke Gaza merupakan serangan paling biadab dalam 47 tahun terakhir,” ungkapnya. 

    Dalam aksi bela Palestina tersebut juga nampak terlihat Wakil Bupati Ciamis, Yana D Putra yang menyebut bahwa aksi itu merupakan wujud perhatian dan kepedulian masyarakat Ciamis terhadap Palestina yang dimana hal itu sudah sesuai dengan UUD 1945 alenia pertama yakni negara harus melaksanakan ketertiban dunia. 

    “Doa kita untuk Palestina tentunya semoga mereka diberikan keselamatan, kesehatan dan yang paling utama kemerdekaan,” kata Yana. 

    BACA JUGA: Jambore Jota Joti Tambah Wawasan Berkomunikasi Pramuka Ciamis

    Selain itu Wabup juga menyampaikan bahwa Pemkab Ciamis sudah mengeluarkan surat edaran Bupati Ciamis kepada masyarakat agar bisa menyisihkan sebagian harta untuk disumbangkan kepada masyarakat Palestina. 

    “Sudah diterbitkan surat edaran Bupati mengenai bantuan untuk Palestina nantinya sumbangan itu akan dikelola oleh Baznas kemudian akan diberikan kepada rakyat Palestina,” pungkasnya.

    (Fauza/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img