spot_img
Senin 20 Mei 2024
spot_img
More

    Surya Paloh Perintahkan Syahrul Yasin Limpo Mundur dari Jabatan Mentan

    JAKARTA,FOKUSJabar.id: Ketua Umum partai NasDem, Surya Paloh, buka suara soal kasus dugaan korupsi yang dilakukan kadernya, Syrahrul Yasin Limpo (SYL) di lingkungan Kementerian Pertanian.

    Surya Paloh mengaku kasus ini di luar dugaannya. Dia mengatakan bisa memahami betapa terhinanya SYL karena terseret korupsi.

    “Di luar dugaan, baik oleh saya dan kawan-kawan dan saya yakin juga di luar dugaan bung Syahrul Yasin Limpo, dia harus mengalami kondisi seperti yang dialaminya saat ini,” kata Surya Paloh di Kantor NasDem, Jakarta pada Kamis (5/10/2023).

    Surya Paloh menyinggung bagaimana Yasin Limpo baru menerima penghargaan dalam perjalanan dinasnya ke luar negeri. Penghargaan diterima atas keberhasilan pemerintah Indonesia di bidang pertanian.

    BACA JUGA: Mentan Syahrul Yasin Limpo Tinggalkan Polda Metro

    “Di saat dia menerima pengharagaan seperti itu yang juga merupakan kebanggaan bagi kita semua, di dalam negeri dia mengalami satu peristiwa yang saya bisa pahami bagaimana terhinanya dirinya, kecewa, sedih, terlepas daripada semua permasalahan,” kata Surya Paloh, melansir IDN.

    Surya Paloh juga memerintahkan Yasin Limpo untuk mundur dari jabatannya sebagai Menteri Pertanian. Ini dilakukan agar dia bisa fokus pada kasus hukum yang menjeratnya.

    “Saya sudah menerima laporan daripada bung Syahrul. Atas nama DPP saya sampaikan segera menghadap Presiden,” kata dia.

    Menindaklanjuti instruksi dari ketua umum partainya, Syahrul Yasin Limpo resmi mengundurkan diri sebagai Menteri Pertanian pada Kamis (5/10/2023) sore.

    Surat pengunduran diri telah diserahkan SYL kepada Menteri Sekretaris Negara, Pratikno.

    Syahrul Yasin Limpo menjadi kader NasDem kedua yang menjabat sebagai menteri dalam kabinet Indonesia Maju yang tersandung kasus korupsi. Sebelumnya ada Johnny G. Plate yang sempat menjabat sebagai Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo).

    (Agung)

    Berita Terbaru

    spot_img