spot_img
Minggu 5 Mei 2024
spot_img
More

    Hasil BK PON XXI, Jabar Loloskan Atlet di 456 Nomor dan Urutan Pertama

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Jawa Barat sudah berhasil meloloskan atlet-atlet di 456 dari total 1038 nomor pertandingan yang dipertandingkan pada PON XXI tahun 2024 di Sumatera Utara dan Aceh. Kondisi tersebut berdasarkan hasil babak kualifikasi PON XXI yang sudah digelar di 54 dari total 85 cabang olahraga dan sub cabang olahraga.

    “Hasil babak kualifikasi PON XXI yang sudah digelar di 54 cabor dan sub cabor itu, Jabar sudah memastikan meloloskan atlet di 456 nomor pertandingan dari total 1038 nomor pertandingan. Tersisa 31 cabor dan sub cabor yang sedang dan akan menggelar babak kualifikasi,” kata Ketua Bidang Pembinaan dan Prestasi KONI Jabar, Arif Hardiana saat ditemui di sekretariat KONI Jabar, Jalan Pajajaran Kota Bandung, Selasa (3/9/2023) petang WIB.

    fokusjabar.id PON XXI babak kualifikasi
    Ketua Bidang Pembinaan dan Prestasi KONI Jabar, Arif Hardiana. (FOTO: Ageng)

    Dari hasil tersebut, lanjut Arif, Jabar masih unggul atas dua provinsi pesaing utama yakni DKI Jakarta dan Jawa Timur. Berdasarkan hasil babak kualifikasi PON XXI di 54 cabang olahraga dan sub cabang olahraga, Jabar berada di posisi pertama diikuti DKI Jakarta dan Jatim di posisi kedua dan ketiga.

    “Namun hasil babak kualifikasi ini bukan patokan dan bukan hasil sesungguhnya. Kita masih belum mengetahui pasti kekuatan setiap provinsi pesaing, terutama dua daerah tuan rumah PON XXI yakni Sumut dan Aceh. Terutama Sumut yang memiliki latar belakang pretasi di cabor beladiri yang juga menjadi salah satu cabor andalan Jabar,” Arif menegaskan.

    Hasil positif yang ditorehkan atlet-atlet Jabar pada babak kualifikasi PON XXI di 54 cabang olahraga dan sub cabang olahraga ini, diapresiasi langsung Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Jabar Asep Sukmana. Saat ditemui di gedung KONI Jabar, Asep mengaku bangga atas pencapaian yang sudah diraih Jabar pada babak kualifikasi tersebut.

    “Ini jadi modal berharga untuk menghadapi PON XXI. Mudah-mudahan ini konsisten, dari hasil babak kualifikasi kita ranking pertama dan bisa tetap dipertahankan saat PON XXI dilaksanakan pada September 2024 mendatang,” kata Asep.

    Sementara untuk 31 cabang olahraga dan sub cabang olahraga yang sedang dan akan menggelar babak kualifikasi, Asep masih yakin jika atlet-atlet Jabar mampu menunjukkan performa terbaiknya. Bahkan dari 31 cabang olahraga dan sub cabang olahraga tersebut, masih terdapat beberapa cabang olahraga dan sub cabang olahraga unggulan Jabar.

    “Ini akan menambah kekuatan kita di PON XXI tahun 2024 mendatang. Insha Allah target Jabar Hattrick Juara Umum PON akan tercapai,” kata Asep.

    (Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img