spot_img
Kamis 16 Mei 2024
spot_img
More

    Peringati WCD, Ribuan Warga Turun Ke Jalan Bersihkan Kota Tasikmalaya

    TASIKMALAYA,FOKUSJabar.id: Puluhan ribu masyarakat, pelajar, mahasiswa dan Komunitas serta Pecinta lingkungan turun ke jalan melakukan aksi bersih-bersih Kota Tasikmalaya, dalam peringatan Hari Kebersihan Sedunia atau World Cleanup Day (WCD) September 2023.

    Mereka turun ke jalan dengan membawa peralatan penanganan sampah, kemudian bergerak membersihkan sampah-sampah yang ada di sudut-sudut jalan, trotoar, taman Kota, Alun-alun, selokan dan sungai.

    Inisiator Kegiatan WCD Teguh Gusmantara menjelaskan, aksi bersih-bersih ini, sebagai bentuk kepedulian para Komunitas serta relawan Peduli Lingkungan yang ada di Kota Tasikmalaya untuk terus menjaga dan merawat kelestarian dan keberlangsungan lingkungan.

    BACA JUGA: Darurat Sampah Kota Bandung Diperpanjang Karena TPA Sarimukti Belum Normal

    “Hari ini kita saksikan, ribuan teman-teman kita dari berbagai komunitas dan relawan maupun pelajar di Kota Tasikmalaya bersama melakukan aksi sosial, bergerak bersama memungut sampah sebagai bentuk gerakan untuk kesadaran akan pentingnya menjaga dan merawat lingkungan dari limbah maupun sampah,” kata Teguh.

    Ia menjelaskan, aksi WCD hari ini dimulai dari Taman Kota Tasikmalaya, dan selanjutnya ribuan relawan dan komunitas mulai bergerak dan menyebar ke sudut-sudut kota, ada ke Taman Kota, Alun-alun Kota, dan Sungai Cimulu yang banyak dipenuhi sampah.

    “Peringatan WCD ini akan menjadi refleksi bagi semua bahwa betapa pentingnya lingkungan bagi kehidupan umat manusia, harus disadari bahwa menjaga kelestarian dan keberlangsungan lingkungan agar bersih dari sampah dan limbah menjadi tanggungjawab bersama,” kata dia.

    BACA JUGA: Sambut WCD 2023, Komunitas Peduli Lingkungan Bersihkan Kota Tasikmalaya

    Teguh menambahkan, gerakan aksi hari ini, ternyata mampu memungut dan mengumpulkan sampah mencapai puluhan ton.

    “kita berharap, peringatan kebersihan sedunia ini, menggugah jiwa dan kesadaran kita untuk merawat lingkungan dengan tidak membuang sampah di sembarang tempat seperti ke sungai,” pungkasnya.

    (Seda/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img