spot_img
Minggu 14 Juli 2024
spot_img
More

    Disnakkan Ciamis Minta Peternak Waspada Penyakit yang Serang Hewan Ternak Karena Kemarau Panjang


    CIAMIS,FOKUSJabar.id:
    Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Ciamis meminta peternak waspada terhadap penyakit yang akan menyerang hewan ternak akibat dari musim kemarau panjang. 

    Plt Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Ciamis Ani Supiani mengatakan, kemarau panjang ini mengakibatkan adanya perubahan suhu yang meningkat signifikan.

    Menurutnya untuk mengantisipasi kejadian adanya penyakit pada ternak maupun ikan milik masyarakat yang diakibatkan musim kemarau diperlukan langkah langkah pencegahannya supaya kejadian itu bisa diminimalisir. 

    BACA JUGA: Pj Gubernur Jabar Sebut Pembangunan Bogor Bukti Kehadiran Pemerintah untuk Rakyat

    “Meningkatkan pengawasan dalam upaya pengawasan dini terhadap daerah atau kantong kantong padat ternak dan ikan,” katanya. Senin (18/9/2023) 

    Ani menuturkan, selain melakukan pengawasan di daerah atau kantong-kantong padat ternak dan ikan juga pihak Disnakan melakukan koordinasi dengan pihak UPTD dan Puskesmas yang ada di daerah daerah. 

    “Kordinasi ini bertujuan kalau terjadi hal yang tidak diharapkan cepat ditanggulangi dan tidak menyebar luas,” ucapnya.

    Ani mengatakan, selain ber koordinasi lintas sektoral pihak Disnakan juga melaksanakan sosialisasi yang dilakukan oleh penyuluh lapangan yang langsung bersentuhan dengan para peternak di masing masing wilayahnya.

    “Meningkatkan komunikasi dalam upaya edukasi kepada para peternak,” katanya.

    BACA JUGA: Warga Rekam Sejoli Lagi Ehem-ehem di Alun-alun Ciamis

    Ani melanjutkan,apabila terjadi gejala penyakit terhadap hewan ternak dan ikan milik warga dihimbau supaya secepatnya melaporkan kejadian tersebut agar tidak meluas. 

    “Kepada para pemilik diimbau segera melapor apabila ternak atau ikan mereka terlihat ada gejala terkena suatu penyakit,” kata dia.

     (Husen Maharaja/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img