spot_img
Monday 29 April 2024
spot_img
More

    TPA Sarimukti Masih Belum Normal, Pemkot Bandung Kesulitan Cari Lahan Untuk TPS Sementara

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Plh Wali Kota Bandung Ema Sumarna mengaku masih kesulitan mencari lahan tambahan untuk digunakan sebagai tempat pembuangan sampah (TPS) sementara. Lahan sementara yang tengah dipersiapkan untuk TPS sementara yaitu di Gedebage.

    “Saya sudah bertemu dengan Danpussenarmed Mayjen Yudhi Chandra untuk membahas rencana penggunaan lahan milik TNI sebagai TPS sementara. Tapi tidak ada lahan yang dapat digunakan sebagai lahan tambahan. Ya kita makin kelimpungan (cari lahan),” kata Ema Sabtu (9/9/2023).

    BACA JUGA: Pemilu 2024, Bawaslu Jabar Perbanyak Keterlibatan Perempuan dalam Pengawasan

    Menurutnya, langkah ideal untuk mengatasi sampah yaitu dengan mengubah perilaku masyarakat. Namun, perilaku tersebut dapat berjalan apabila mereka mengolah sampah dari sejak di rumah.

    “Betul ini harus diedukasi terus spirit motivasi tapi tidak semudah membalikkan tangan,” katanya.

    Namun begitu, pihaknya telah mendapatkan informasi bahwa sebagian lahan di TPA Sarimukti sudah padam dan tidak muncul titik api. Ia berharap dapat segera dimanfaatkan menampung sampah di Kota Bandung.

    BACA JUGA: Proyek Flyover Ciroyom Dipastikan Tak Rusak Heritage RPH

    “Optimalkan zonasi darurat dan zonasi yang kebakaran dan sudah tertangani. Itu saya memohon kepada Pj gubernur untuk dioptimalkan, beliau setuju,”ucapnya.

    Seperti diketahui TPA Sarimukti di Kabupaten Bandung Barat mengalami kebakaran sejak Sabtu (19/8/2023) lalu hingga saat ini. Dampaknya, sampah-sampah di Kota Bandung belum bisa diangkut ke TPA.

    Keberadaan TPA darurat hanya dapat menampung sampah secara tidak optimal. Akibatnya, banyak TPS di Kota Bandung yang menumpuk dengan sampah termasuk di ruas-ruas jalan.

    (Yusuf Mugni/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img