spot_img
Kamis 2 Mei 2024
spot_img
More

    3 Atlet Jabar Lolos Kualifikasi PON XXI pada Maybank Marathon 2023

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Tim atletik Jawa Barat terus menambah jumlah atlet yang berhak tampil pada PON XXI tahun 2024 di Medan, Sumatera Utara. Terakhir, Jabar berhasil memastikan tiga atlet tampil di nomor marathon usai memenuhi limit PON XXI pada gelaran Maybank Marathon 2023, Minggu (27/8/2023).

    Pada pelaksanaan Maybank Marathon 2023 yang digelar di Bali Safari & Marine Park, Jalan Prof. Dr. Ida Bagus Mantra No.Km. 19, Gianyar, Bali, Pengprov Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Jabar mengirimkan empat orang atlet. Yakni Westi Indah, Yanita Sari, Diki Abdul Majid, dan Betmen Manurung.

    Dari empat atlet tersebut, Jabar berhasil meloloskan tiga orang atlet menuju PON XXI. Yakni Westi Indah, Betmen Manurung dan Diki Abdul Majid setelah mencapai limit waktu minimal di ajang lomba lari tahunan yang pertama dan satu-satunya di Indonesia dengan ‘Elite Label’ dari World Athletics.

    fokusjabar.id maybank marathon 2023
    (FOTO: Istimewa)

    Pada satu-satunya event marathon di tanah air yang masuk ke dalam kalender World Athletics tersebut, Betmen Manurung berhasil menyentuh finish line dalam waktu 02 jam 33:57 menit. Sementara Westi Indah berhasil menyelesaikan lomba lari 42 km dalam waktu 03 jam 06:02 menit.

    “Untuk limit waktu di nomor marathon PON XXI sendiri ditetapkan 2 jam 40,00 menit untuk putra dan 3 jam 15,00 menit untuk putri. Sehingga dari ajang Maybank Marathon 2023 yang merupakan bagian dari kualifikasi PON XXI, kita berhasil meloloskan tiga atlet. Sementara Yanita Sari masih belum lolos limit PON XXI tapi masih punya kesempatan di Borobudur Marathon 2023,” kata Ketua Umum Pengprov PASI Jabar, Aan Johana saat ditemui di gedung KONI Jabar, Jalan Pajajaran Kota Bandung, Jumat (1/9/2023).

    Dengan tambahan tiga atlet di nomor marathon, tim atletik Jabar sudah memastikan meloloskan sebanyak 34 atlet untuk bisa tampil di PON XXI. Dengen rincian 16 atlet putra dan 18 atlet putri.

    “Untuk nomor pertandingan, kita sudah lolos di 32 nomor pertandingan PON XXI dan itu masih memungkinkan bertambah,” kata Aan.

    fokusjabar.id maybank marathon 2023
    (FOTO: Istimewa)

    Aan menambahkan, pihaknya akan terus berupaya maksimal untuk meloloskan atlet sebanyak mungkin agar bisa tampil di PON XXI. Pasalnya, pelaksanaan babak kualifikasi PON XXI di cabang olahraga atletik masih akan berlangsung hingga November 2023 di beberapa ajang kejuaraan salah satunya pada Jabar Open 2023 – Piala Gubernur Jabar.

    “Babak kualifikasi ntuk PON XXI ini lebih ketat karena PB PASI meningkatkan limit dibanding PON sebelumnya seiring dengan meningkatnya limit kualifikasi Kejuaraan Dunia dan Olimpiade. Kami yakin masih bisa menambah jumlah atlet yang akan tampil di PON XXI sehingga target mempertahankan juara umum yang kita raih di Papua bisa diulang pada PON XXI nanti di Medan,” Aan menegaskan.

    (Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img