spot_img
Jumat 3 Mei 2024
spot_img
More

    Musim Kemarau Tiba, PDAM Jamin Distribusi Air Bersih Tetap Lancar

    TASIKMALAYA,FOKUSJabar id: Perusahaan Daerah Air Minuman (PDAM) Tirta Sukapura Kabupaten Tasikmalaya menjamin kelancaran pasokan air tetap terjaga ditengah menghadapi musim kemarau saat ini.

    Kepastian tersebut diungkapkan Management PDAM Tirta Sukapura Tasikmalaya saat ditemui di Kantor Pusat, Jalan A.H. Nasution Kec. Mangkubumi Kota Tasikmalaya Kamis (10/08/23).

    BACA JUGA: Inilah Penampakan Terminal Rajapolah Tasikmalaya

    “Saat ini sudah memasuki musim kemarau, walau demikian masyarakat khususnya pelanggan setia PDAM Tirta Sukapura tidak perlu kuatir kekurangan air bersih pasalnya, ketersediaan untuk pasokan air tetap aman dan terjaga,”ungkap Kasubag Umum Dan Rumah Tangga Amin Aprianto Kepada wartawan Kamis (09/08/23).

    Ia menjelaskan, biasanya saat menghadapi musim kemarau, tentu sebagian masyarakat akan sulit mendapatkan air bersih.

    “PDAM sendiri saat ini sudah menyiapkan beberapa Armada pengangkut air untuk mendistribusikan air bersih kepada masyarakat yang memang sangat membutuhkan, kita siap untuk mensuplai air ke masyarakat yang membutuhkan,”jelasnya.

    Menurutnya, menghadapi musim kemarau, PDAM terus mempertahankan ketersediaan debit air dengan meminimalisir tingkat kebocoran pipa disamping mencari sumber-sumber mata air baru untuk menambah stok air.

    BACA JUGA: Peringati Hari PKK Ke-51, Pj Walikota Minta PKK Support Program Pemerintah

    “Kita tentu mengoptimalkan pelayanan air bersih untuk melayani pelanggan sebanyak 50 ribu yang ada di wilayah Kota dan Kabupaten Tasikmalaya,”ujar Amin.

    Ditambahkan, ketersediaan stok air bersih terutama di sumber utama  Cipondoh Sukaratu, terus dijaga kualitas dan kebersihannya supaya selalu sehat untuk dikonsumsi.

    “Di sumber utama Cipondoh, debit air mencapai 350 liter per detik untuk melayani konsumen, dan sejauh ini ketersediaan air masih aman untuk memenuhi kebutuhan air bersih beberapa bulan kedepan,”jelas Amin .

    Pihaknya pun menghimbau masyarakat agar menghemat penggunaan air agar ketersediaan air tidak cepat habis.

    “Kita harapkan masyarakat segera melaporkan jika menemukan kebocoran pipa air PDAM, juga masyarakat lakukan penghematan penggunaan air, gunakanlah air untuk kebutuhan primer seperti untuk masak, mandi dan mencuci, jangan biarkan air terbuang sia-sia,”pungkasnya.

    (Seda/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img