spot_img
Senin 17 Juni 2024
spot_img
More

    Jokowi Resmikan Tol Ciawi-Sukabumi Ruas Cigombong-Cibadak

    CIAWI,FOKUSJabar.id: Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Tol Ciawi-Sukabumi ruas Cigombong-Cibadak pada Jumat (4/8/2023). Dalam sambutannya, Jokowi menyampaikan tol ini memiliki panjang 11,9 kilometer.

    “Ruas ini menelan anggaran biaya Rp3,2 triliun,” ujar Jokowi dalam sambutannya yang disiarkan di kanal YouTube Sekretariat Presiden.

    Jokowi berharap dengan adanya Tol Ciawi-Sukabumi ruas Cigombong Cibadak mobilitas masyarakat dan barang bisa lebih cepat.

    “Dengan selesainya ruas jalan ini, nanti kalau kita ke Pelabuhan Ratu, ke Cireteu, ke Ujung Genteng, ke Gunung Gede yang sebelumnya dari Jakarta kalau ke Sukabumi itu memakan waktu sampai 5 jam, kadang bisa sampai 6 jam, sekarang dengan adanya jalan tol ini hanya kurang lebih 2,5 jam. ini akan mempercepat mobilitas orang, mempercepat mobilitas barang,” ucap dia.

    Jokowi berharap, nilai investasi di Jawa Barat juga bisa meningkat dengan adanya Tol Ciawi-Sukabumi. Menurutnya, jalan tol terbanyak ada di Jawa Barat.

    BACA JUGA: Operasional Haji 2023 Resmi Berakhir, Ini Daftar total Pemulangan

    “Karena dari survei para investor yang ada kenapa di Jawa Barat, Provinsi Jawa Barat menduduki ranking yang pertama untuk investasi, alasannya yang pertama karena jalan, jalan tol yang ada di Jawa Barat itu yang paling banyak dibangun,” kata dia.

    Ruas Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) membentang sepanjang 54 km. Tol Bocimi terbagi menjadi empat seksi, yaitu Seksi 1 Ciawi-Cigombong (15 km), Seksi 2 Cigombong-Cibadak (11,9 km), Seksi 3 Cibadak-Sukabumi (13,7 km), dan Seksi 4 Sukabumi Barat-Sukabumi Timur (13 km).

    Berikut tarif Tol Bocimi 2023:

    Golongan I: Rp14.000
    Golongan II: Rp21.000
    Golongan III: Rp21.000
    Golongan IV: Rp28.000
    Golongan V: Rp28.000

    (Agung)

    Berita Terbaru

    spot_img