spot_img
Minggu 19 Mei 2024
spot_img
More

    Pentas Ronggeng Tabu bagi Warga Pasirnagara

    CIAMIS,FOKUSJabar.id: Komplek makam Ronggeng yang berada di ketinggian Dusun Pasirnagara Desa Salakaria Kecamatan Sukadana Kabupaten Ciamis Jawa Barat masih dipercaya masyarakat sekitar mempunyai aura gaib.

    Pasalnya, pada malam Jumat Kliwon suka terdengar suara gamelan seperti Ronggeng di komplek pemakaman.

    Menurut Kuncen Makam Ronggeng, Hidayat, di lokasi pemakaman tersebut telah disemayamkan secara massal serombongan Ronggeng yang meninggal mendadak saat pentas di wilayah tersebut.

    BACA JUGA: Mahasiswa Unigal Harus Bisa Menjaga Nama Baik di Lokasi KKN

    “Konon dahulu kala ada serombongan penari Ronggeng dan nayaga datang ke wilayah Pasirnagara. Saat pentas tiba-tiba mereka meninggal dunia secara mendadak,” kisah Kuncen.

    Hidayat menuturkan, menurut cerita dari orangtua terdahulu di wilayah Pasirnagara tidak bleh ada pentas Ronggeng karena dianggap melanggar larangan karuhun.

    “Sampai sekarang pun warga Pasirnagara tabu untuk mengadakan pentas Ronggeng. Jika dilakukan suka terjadi kejadian di luar nalar kita,” ucapnya.

    Hidayat mengatakan, pernah beberapa tahun yang lalu ada keluarga yang sedang hajatan mengundang Ronggeng. Setelah acara beres, warga itu langsung jatuh sakit.

    BACA JUGA: Bupati Ciamis Berikan Bantuan untuk Pembangunan Ponpes

    “Percaya atau tidak  terserah masing-masing. Namun bagi warga Pasirnagara masih mempercayai hal itu,” jelasnya.

    Selain ada Makam Ronggeng dalam komplek pemakaman tersebut juga disemayamkan penyebar Agama Islam yang diutus Kerajaan Cirebon untuk meng Islam kan penduduk Pasirnagara saat itu.

    “Di komplek pemakaman ini juga ada Makam Kyai Basyir dan dua pengawal nya masing masing bernama Singajaya dan Muhamad Rasa,” ungkapnya.

    (Husen Maharaja/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img