spot_img
Jumat 3 Mei 2024
spot_img
More

    Judo Jabar Pastikan Lolos di Dua Nomor Kata PON XXI

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Tim Judo Jawa Barat dipastikan tampil di nomor kata pada PON XXI usai masuk dalam jajaran empat besar babak kualifikasi yang digelar pada Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Judo Pelajar, Mahasiswa dan Kata tahun 2023 yang digelar di Gymnasium UPI, Jalan Setiabudi Kota Bandung, 28-30 Juli 2023. Tim kata Jabar berhasil menempati posisi kedua di kelompok putra dan peringkat tiga di kelompok putri.

    Pada pelaksanaan babak final di nomor kata pada Kejurnas Judo Pelajar, Mahasiswa dan Kata tahun 2023, tim Jabar bersaing dengan DKI Jakarta, Jawa Timur dan Papua. Sedangkan di kelompok putri, bersaing dengan tim asal Jawa Tengah, Bali, dan Papua.

    Berdasarkan hasil performa di babak final nageno kata, tim Jabar yang diperkuat Ahmad Arya Pandawa dan Rafialy Rachmadana Syahrul harus puas dengan medali perak usai kalah atas performa tim Jatim yang diperkuat Suliswanto dan Embun Cahyono. Sedangkan medali perunggu bersama diraih tim DKI Jakarta dan Papua.

    fokusjabar.id judo Jabar babak kualifikasi PON XXI
    Tim juno kata Jabar meraih medali perunggu pada Kejurnas Pelajar, Mahasiswa dan Babak Kualifikasi PON XXI – Kata tahun 2023. (FOTO: Ageng)

    Sedangkan di kelompok putri, medali emas nomor juno kata diraih tim Bali yang diperkuat Ni Made Sukerti dan Ni Nyoman Suwitri. Medali perak diraih tim Jateng, sedangkan tim Jabar yang diperkuat Yashinta Gustianti dan Puspita Dewi harus puas dengan medali perunggu bersama dengan tim Papua.

    Pelatih Judo Kata Jabar, Yudi Wahyudi mengaku bersyukur dengan pencapaian atlet yang berhasil lolos menuju PON XXI. Di kelompok putra, Jabar berhasil bersaing dengan 12 provinsi lain dan di kelompok putri bersaing dengan 14 provinsi.

    “Dengan kita lolos setidaknya ini memberikan acuan jika kita berada di zona medali. Atlet di nomor kata ini merupakan atlet-atlet baru yang bertanding di babak kualifikasi menghadapi atlet-atlet eks PON dan SEA Games. Jadi selain berbicara prestasi, kita juga berbicara soal pembinaan atlet. Tinggal bagaimana menyusun program latihan dan memperbanyak sesi try out karena kita ingin mempersembahkan medali emas bagi Jabar di nomor kata,” kata Yudi saat ditemui di sela-sela pelaksanaan kejurnas, Minggu (30/72023).

    fokusjabar.id judo Jabar babak kualifikasi PON XXI
    Atlet Judo Jabar saat bertanding pada Kejurnas Pelajar, Mahasiswa dan Babak Kualifikasi PON XXI – Kata tahun 2023. (FOTO: Ageng)

    Selain di nomor kata, tim Judo Jabar pun sudah menempatkan atlet-atlet di 16 nomor lainnya. Hal ini menunjukkan jika atlet Jabar sudah berada di zona kualifikasi di 18 nomor yang akan dipertandingan pada cabang olahraga judo pada PON XXI tahun 2024 mendatang.

    “Di Judo itu hanya di nomor Kata saja yang melakukan babak kualifikasi, sedangkan 16 nomor lainnya sistemnya poin ranking. Poin ranking ini diraih dari setiap kejuaraan yang diakui PB PJSI dan hingga saat ini hampir di semua kelas itu, atlet kita masuk di zona lolos,” kata Sekretaris Umum Pengprov PJSI Jabar, Arnold Silalahi.

    Kejuaraan terakhir dalam rangkaian babak kualifikasi dengan sistem ranking PON XXI, lanjut Arnold, yakni pada Kejuaraan Wilayah Tengah yang digelar di Karawang pada 15 Juli lalu dimana tim Jabar keluar sebagai juara umum. Kemudian pada Kejurnas Pelajar, Mahasiswa dan Kata yang digelar di Gymnasium UPI, dimana atlet Jabar ikut tampil di beberapa kelas membela perguruan tinggi masing-masing.

    “Sampai saat ini ranking terakhir untuk PON XXI belum ada pembaruan dari PB PJSI, tapi perkiraan kami semua nomor sudah masuk di 8 besar bahkan enam besar. Kita menargetkan setiap atlet untuk bisa menempati empat besar di semua kelas dan rangkaian kejuaraan untuk meraih poin ranking terakhir itu di bulan Oktober 2023 pada Kejurnas Kasad Cup,” kata Arnold.

    (Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img