spot_img
Tuesday 30 April 2024
spot_img
More

    MTQ Garut, Kecamatan Leles Juara Umum 3 Kali Berturut-turut

    GARUT,FOKSJabar.id: Rangkaian Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) XLIV tingkat Kabupaten Garut Tahun 2023 sukses digelar di Kecamatan Talegong.

    Kegiatan MTQ 2023 secara resmi ditutup Sekda Garut, Nurdin Yana, Jumat (7/7/2023) malam.

    BACA JUGA:

    Almarhum Den Oman Abdurahman Dimata Mantan Ketua Fraksi Demokrat Garut

    Sekda Garut mengapresiasi antusiasme Kecamatan Talegong dalam menyiapkan perhelatan MTQ tingkat Kabupaten ini.

    Bahkan, Nurdin Yana melihat Camat Talegong dan masyarakatnya bahu-membahu agar pelaksanaan Musabaqoh Tilawatil Quran berjalan baik.

    “Saya apresiasi kepada pak Camat serta tokoh-tokoh masyarakat Kecamatan Talegong,” kata Sekda.

    Sekda Garut menyebut, kesuksesan MTQ di Kecamatan Talegong karena beberapa hal. Di antaranya, menghasilkan sebuah “produk” kafilah yang memenuhi kualifikasi dan handal.

    Mereka akan menjadi perwakilan Kabupaten Garut untuk mengikuti Musabaqoh Tilawatil Quran di tingkat provinsi Jawa Barat (Jabar).

    BACA JUGA:

    Puskesmas Talegong Dirikan 3 Posko di Lokasi MTQ

    Pihaknya mengingatkan agar semua pihak tidak hanya berorientasi pada input oriented maupun output oriented saja. Melainkan bisa berorientasi pada impact oriented.

    Contoh dari impact oriented dalam pelaksanaan MTQ,  dilihat dari group musik asal Kecamatan Talegong (Mahesa) yang kini lebih dikenal dan juga anak-anak yang melukis gambar di area MTQ kini diminta melukis kembali di daerah lain.

    Menurut Sekda, selama Musabaqoh Tilawatil Quran ada juga side effect yang dirasakan oleh masyarakat. Khususnya masyarakat Kecamatan Talegong yang berjualan.

    mtq fokusjabar.id
    Sekda Garut (foto Yan Fajari)

    “Insya Allah, mereka juga merasakan manfaat yang terjadi (atau) impact yang dia rasakan dengan meningkatnya income yang dia dapat dalam pelaksanaan MTQ. Saya kira itu juga bentuk lain dari side effect yang diharapkan oleh kita semua,” ungkapnya.

    Dalam MTQ XLIV Tingkat Kabupaten Garut Tahun 2023, Kecamatan Leles kembali menjadi juara umum sekaligus meraih juara  tiga kali berturut-turut.

    Atas hal tersebut, peraih juara umum berhak mendapatkan piala bergilir Bupati Garut yang kini menjadi piala tetap bagi Kecamatan Leles.

    Berikut 10 besar perhelatan MTQ XLIV tingkat Kabupaten Garut Tahun 2023 :

    Juara Umum diraih Kecamatan Leles dengan jumlah nilai 63, peringkat 2 Kecamatan Garut Kota (41), peringkat 3 Kecamatan Cisurupan (34).

    Peringkat 4 diraih Kecamatan Bayongbong dengan jumlah nilai 26, peringkat 5 Kecamatan Kersamanah (25), peringat 6 Kecamatan Selaawi (24), peringkat 7 Kecamatan Samarang dan Pangatikan (23).

    Peringkat 8 Kecamatan Cilawu (17), peringkat 9 Kecamatan Malangbong (16) serta peringkat 10 diraih oleh Kecamatan Leuwigoong dan Talegong (12).

    (Yan Fajari/Bambang Fouristian)

    Berita Terbaru

    spot_img