spot_img
Senin 27 Mei 2024
spot_img
More

    Berawal Dari Keprihatinan, Dewan Budaya Kota Tasikmalaya Akhirnya Terbentuk

    TASIKMALAYA,FOKUSJabar.id: Setelah menunggu cukup lama serta melalui proses Pemilihan secara demokrasi, akhirnya Ketua dan pengurus Dewan Budaya Kota Tasikmalaya terbentuk.

    Proses pembentukan dewan budaya Kota Tasikmalaya tersebut berlangsung di Restoran Sambel Hejo, jalan Letnan Mashudi Kota Tasikmalaya Sabtu (08/07/23).

    Proses Pemilihan dan pembentukan Dewan Budaya Kota Tasikmalaya tersebut, dihadiri kurang lebih 80 Padepokan Dan Organisasi Kebudayaan dan seni yang ada di wilayah Kota Tasikmalaya.

    BACA JUGA: Tiga Anggota Geng Motor Kota Tasikmalaya Ditangkap Polisi

    Ketua Dewan Budaya terpilih Kota Tasikmalaya Erick Dudi Susanto menyambut baik terbentuknya keorganisasian ini setelah menunggu cukup lama.

    “Ini sebuah kemajuan bagi perkembangan budaya di Kota Tasikmalaya, organisasi ini nantinya akan bekerja bersama seluruh pihak, bagaimana memajukan kebudayaan yang ada di masyarakat,” kata Erick kepada wartawan Sabtu (08/07/23) sore tadi.

    Ia menjelaskan, kedepannya, menjadi rumah atau wadah bagi para penggiat budaya yang begitu banyak.

    “Terbentuknya organisasi ini berangkat dari rasa keprihatinan kami dari para padepokan seni budaya, sehingga kami hari ini berinisiatif untuk membentuk wadah yang bisa menaungi para penggiat budaya di Kota Tasikmalaya,” ujar dia.

    Menurutnya, seni budaya merupakan warisan dan peninggalan nenek moyang yang mencari ciri khas bangsa, sehingga  hal ini harus selalu dijaga dan pelihara.

    “Mencintai seni dan budaya bagian dari menghargai warisan nenek moyang kita, menjaga sekaligus melestarikan budaya bukti kita tidak  takabur terhadap pewarisnya,” katanya.

    BACA JUGA: Dikepung Hujan, Kota Tasikmalaya Dilanda Bencana

    Ia menambahkan, organisasi ini, akan merangkul sekaligus siap berkolaborasi dengan stakeholder lainnya, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda termasuk pemerintah Kota Tasikmalaya guna kemajuan budaya di Kota santri ini.

    “Budaya dan seni, tentu tidak akan terpisahkan dalam sendi kehidupan masyarakat, sehingga lahirnya organisasi ini menjadi penggerak bagi seluruh penggiat untuk terus melestarikan dan mewariskan kepada generasi penerus bangsa,” kata dia. 

    (Seda/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img