spot_img
Jumat 17 Mei 2024
spot_img
More

    Pj Wali Kota Tasikmalaya Minta P3K Jadi Agent of Change

    TASIKMALAYA,FOKUSJabar.id: Pj Wali Kota Tasikmalaya Jawa Barat (Jabar_, Cheka Virgowansyah meminta  Pegawai  Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja (P3K) harus lebih kompeten dalam melaksanakan tugas dan fungsinya.

    “Saya minta P3K harus lebih gesit, lebih cerdas dan lebih kompeten, cepat dan tepat dalam bekerja,” kata Cheka saat melantik ratusan tenaga P3K Kesehatan di Halaman Kantor Badan Kepegawaian dan Pelatihan Sumber Data Manusia (BKPSDM) Kota Tasikmalaya, Rabu (5/7/2023).

    BACA JUGA: Mantan Bupati Tasikmalaya Sebut Kebijakan Bupati Ade Sugianto Terpopuler

    Ia menjelaskan, saat ini Pemkot Tasikmalaya butuh tenaga dan darah-darah baru yang dapat menjadi agent of change (agen perubahan) dalam menjalankan roda pelayanan.

    “P3K harus memiliki keahlian yang lebih mumpuni karena merupakan tenaga yang harus mengerjakan pekerjaan dan jabatan yang tidak mampu dikerjakan oleh ASN defenitif,” kata Pj Wali Kota Tasikmalaya.

    Ia menuturkan, konsep penyediaan tenaga birokrasi saat ini yakni mengedepankan kompetensi (keahlian) dan bukan lagi sebuah jabatan.

    “Saat ini jabatan di birokrasi bukan lagi sebuah pride, tapi yang terpenting adalah keahlian. Yang ditanya bukan jabatan, pangkat atau pengalaman, tapi kompetensi dan keahliannya apa,” paparnya.

    BACA JUGA: Pj Wali Kota Tasikmalaya: HIPMI Berperan Penting Untuk Perekonomian Daerah

    Menurut Dia, tenaga P3K wajib meningkatkan kompetensi dan keahliannya untuk menjawab tantangan kemajuan teknologi.

    “Berdasarkan hasil penelitian, ada sekitar 80 juta jenis pekerjaan yang akan hilang dan diganti oleh mesin (robot). Namun disisi lain akan muncul 95 juta jenis pekerjaan baru. Seiring itu, harus menyiapkan SDM dan melatih diri untuk memasuki perubahan tersebut,” pintanya.

    Jika kita mau ikut dalam sebuah perubahan zaman tersebut, jalan satu-satunya yakni melakukan perubahan dalam diri kita sendiri. Mulailah dari hal terkecil. Semisal, input surat dari 10 menit menjadi 2 menit.

    “P3K itu orang-orang pilihan. Mereka memiliki keahlian dan kompetensi di atas rata-rata ASN biasa. Mereka juga lebih cepat dalam melakukan sebuah perubahan di lingkungan kerja,” pungkas Pj Wali Kota Tasikmalaya.

    (Seda/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img