spot_img
Selasa 21 Mei 2024
spot_img
More

    Popda XIII Jabar; Kota Bandung Kokoh di Puncak Klasemen Sementara

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Hingga Senin (3/7/2023), kontingen Kota Bandung masih kokoh di puncak klasemen sementara Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) XIII Jawa Barat tahun 2023. Total 59 keping medali berhasil dikumpulkan kontingen Kota Bandung dengan rincian 23 medali emas, 12 perak, dan 24 perunggu.

    Raihan medali emas yang diraih Kota Bandung, disumbangkan dari atlet-atlet yang berlaga di lima cabang olahraga. Yakni renang, taekwondo, gulat, karate, dan tenis lapangan.

    Cabang olahraga renang yang telah menyelesaikan pertandingannya pada Senin (3/7/2023) petang WIB, menjadi penyumbang medali terbanyak bagi Kota Bandung. Yakni 13 medali emas, 8 perak, dan 13 perunggu.

    Lalu dari cabang olahraga taekwondo yang meraih 4 medali emas, 1 perak dan 6 perunggu. Kemudian cabang olahraga gulat menyumbangkan 1 medali emas, 3 perak, dan 4 perunggu.

    Karate yang baru memulai pertandingan pada Senin (3/7/2023), sudah menyumbangkan 3 medali emas dan 1 perunggu. Terakhir dari cabang olahraga tennis lapangan yang berhasil mengawinkan medali emas di nomor beregu.

    fokusjabar.id Popda XIII Jabar Kota Bandung
    UPP di cabang olahraga renang Popda XIII Jabar. (FOTO: Ageng)

    Plh. Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Bandung, Sigit Iskandar mengaku bersyukur dengan pencapaian prestasi yang sudah diraih para atlet pelajar Kota Bandung di ajang Popda XIII Jabar. Prestasi medali yang sudah diraih atlet, tidak membuat mereka cepat puas.

    “Kita ingin setiap hari bisa leading dan puncaknya mencapai target yakni juara umum Popda XIII Jabar. Pencapaian hingga hari ini, harus menjadi motivasi dan semangat bagi cabang olahraga lain meraih medali emas. Seperti di renang yang berhasil meraih banyak medali emas dan menjadi juara umum, maka ini harus jadi motivasi dan semangat bagi atlet di cabor lain,” kata Sigit saat ditemui di sela-sela pemantauan di Kolam Renang Prestasi KONI Jabar, komplek SOR Pajajaran, Kota Bandung, Senin (3/7/2023).

    Meski Popda XIII Jabar merupakan ajang pembinaan, kata Sigit, namun raihan prestasi harus tetap menjadi fokus utama. Target juara umum pada ajang multieven olahraga antar pelajar se-Jabar yang ketiga kalinya atau hattrick, harus bisa dicapai kontingen Kota Bandung.

    “Atlet-atlet pelajar ini akan menjadi modal bagi kita menghadapi Porprov Jabar meski Popda ini merupakan ajang pembinaan. Dengan banyak bertanding di kompetisi resmi serta persaingan ketat, maka jam terbang dan mental atlet pun makin terasah,” Sigit menuturkan.

    Dengan pencapaian prestasi yang diraih atlet hingga saat ini, Sigit mengaku jika pihaknya bisa termotivasi dalam peningkatan pembinaan olahraga di Kota Bandung. Salah satunya dengan melengkapi sarana prasaran olahraga di Kota Bandung.

    “Kalau bonus prestasi untuk atlet-atlet pelajar yang sudah berjuang di Popda XIII Jabar, kita sudah mengajukan kepada pemerintah dan DPRD Kota Bandung. Termasuk fasilitas-fasilitas lain bagi atlet pelajar layaknya atlet elite yang berlaga di Porprov Jabar, meski dari sisi nominal tidak sebesar atlet elite,” kata Sigit.

    BACA JUGA: Kota Bandung Segel Juara Umum Renang Popda XII Jabar

    Berdasarkan klasemen sementara yang dilansir dari situs resmi Popda XIII Jabar hingga Senin (3/7/2023) pukul 18.50 WIB, Kota Bandung masih bercokol di puncak diikuti Kota Depok di posisi runner up dengan raihan 7 medali emas, 5 perak, dan 6 perunggu. Dan peringkat ketiga dihuni Kabupaten Bandung Barat dengan raihan 7 medali emas, 3 perak, dan 7 perunggu.

    Sementara hingga hari ketiga pertandingan Popda XIII Jabar, sebanyak enam cabang olahraga masih menggelar pertandingan dan satu cabang olahraga telah selesai yakni renang. Enam cabang olahraga yang sudah dan masih menggelar pertandingan yakni sepakbola, taekwondo, tenis meja, tenis lapangan, karate, dan gulat.


    (Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img