spot_img
Kamis 2 Mei 2024
spot_img
More

    Polda Papua Siapkan Uang Tebusan untuk Pilot Susi Air yang Disandera KKB

    PAPUA,FOKUSJabar.id: Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua, pimpinan Egianus Kogoya, dikabarkan mengancam bakal menembak mati pilot susi air berkebangsaan Selandia, Philips Mark Mehrtens.

    Diketahui, Kapten Philips telah disandera selama kurang lebih lima bulan oleh KBB. Berbagai upaya negosiasi aparat TNI dan Polri sejak 7 Februari 2023 hingga kini, belum juga membuahkan hasil positif.

    Kapolda Papua, Irjen Mathius Fakhiri, menekankan pihaknya hanya bersedia memenuhi tuntutan tebusan uang. Sementara permintaan senjata dan kemerdekaan Papua, kata dia, tidak akan dipenuhi.

    “Tidak mungkin kami mengabulkan kedua permintaan itu. Namun untuk uang yang juga diminta, akan disiapkan dan diserahkan kepada Egianus Kogoya, asal sandera yang berkebangsaan Selandia Baru itu dibebaskan dan diserahkan ke aparat keamanan,” tegas Fakhiri di Jayapura, Kamis (29/6/2023).

    Fakhiri mengungkapkan hingga saat ini pihaknya masih terus melakukan negosiasi dengan KKB. Negosiasi tersebut juga turut melibatkan keluarga Egianus Kogoya.

    BACA JUGA: Ormas Paksa Pedagang Ayam Tutup 4 Hari, Dinas Pangan DKI Laporkan ke Polisi

    “Kami berharap Egianus tidak melakukan ancamannya dengan menembak pilot Susi Air 1 Juli,” ujar dia, melansir IDN.

    Fakhiri juga membenarkan beberapa waktu lalu, KKB sempat menyampaikan ancaman melalui media sosial bahwa mereka akan menembak Kapten Philip.

    Untuk itu, Fakhiri menegaskan, proses penyelamatan pilot Susi Air harus segera dilakukan dengan cermat dan tetap tegas dalam penegakan hukum.

    “Polisi memberikan ruang untuk semua pihak, baik itu tokoh agama, tokoh masyarakat, keluarga dengan kelompoknya Egi,” kata dia.

    “Kita berharap Egi bisa berkoordinasi, bisa melakukan pendekatan budaya maupun kekeluargaan sehingga dia bisa mengembalikan pilot yang diamankan,” pungkasnya.

    (Agung)

    Berita Terbaru

    spot_img