spot_img
Jumat 3 Mei 2024
spot_img
More

    Patung Bung Karno Setinggi 22,3 Meter Bakal Berdiri di Kota Bandung

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Patung Presiden pertama Indonesia Soekarno atau Bung Karno setinggi 22,3 meter dipastikan akan berdiri di Kota Bandung.

    Monumen Plaza Bung Karno ini akan menjadi monumen paling tinggi di Indonesia ini mulai dibangun di Taman Saparua Kota Bandung, Rabu (28/6/2023). 

    Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan, monumen Bung Karno dibangun di Bandung dengan didasarkan aspirasi dari masyarakat. Maka dari itu, biaya pembangunannya pun berasal dari dana gotong royong masyarakat yang angkanya mencapai Rp 15 miliar.

    BACA JUGA: Besok, Groundbreaking Monumen Perjuangan Bung Karno di Saparua

    “Pembiayaannya pun datang dari masyarakat, total pembiayaannya Rp 15 miliar hasil gotong royong masyarakat dan pengusaha yang mencintai Bung Karno dan tentu kami fasilitasi,” kata dia saat kegiatan groundbreaking atau peletakan batu pertama monumen Plaza Bung Karno, Rabu (28/6/2023). 

    Menurutnya, monumen diputuskan dibangun di Taman Saparua karena letaknya yang dinilai strategis dan dikelilingi oleh sejumlah nama pulau di Indonesia yang dijadikan nama jalan seperti Jalan Jawa, Jalan Bali, Jalan Bali, hingga Jalan Kalimantan.

    “Kenapa tempatnya di sini? Karena di sini kawasan Nusantaranya Jabar,” ucap dia.

    Ditargetkan, menurut Emil, pembangunan monumen itu bakal rampung dalam tiga atau empat bulan ke depan. Dia pun berharap kegiatan peresmian monumen nanti dapat dihadiri langsung oleh Megawati Soekarnoputri

    Ia berharap, monumen yang dibangun itu dapat menjadi semacam pemantik semangat bagi para generasi muda untuk memajukan bangsa menuju Indonesia sebagai salah satu negara adidaya pada tahun 2045 mendatang. Generasi muda diharapkan dapat bermimpi besar seperti Soekarno.

    “Mudah-mudahan dalam tiga atau empat bulan bakal selesai, hari ini diwakili oleh Pak Hasto, mungkin nanti pada saat peresmian mewakili keluarga langsung Bu Mega bisa berkenan hadir,” kata dia.

    Sementara itu, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto menilai letak monumen sudah sangat tepat apabila dibangun di Taman Saparua karena sangat strategis bahkan tak begitu jauh dari Museum Asia Afrika yang menjadi tempat Soekarno menggalang semangat negara-negara Asia Afrika untuk melawan kolonialisme dan imperialisme.

    BACA JUGA: Hari Lahir Bung Karno, Ini Rencana Pemkot Bandung

    Selain itu, Hasto juga menilai Kota Bandung menjadi kota yang tepat untuk dibangun monumen karena nyaris seluruh akar pemikiran dan ideologi Soekarno muncul saat berada di Bandung.

    “Bandung sebagai tempat kontemplasi bagi seluruh pemikiran ideologis Bung Karno dapat bergelora kembali khususnya bagi anak muda membangun kemajuan Indonesia Raya, untuk Indonesia dan dunia,” kata dia.

    Berita Terbaru

    spot_img