spot_img
Kamis 2 Mei 2024
spot_img
More

    Jokowi Kurban Sapi di 38 Provinsi, Habis Berapa?

    JAKARTA,FOKUSJabar.id: Presiden Joko Widodo (Jokowi) dikabarkan menyumbangkan sapi kurban untuk 38 provinsi di Indonesia.

    Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono mengatakan sumbangan hewan kurban itu diberikan atas saran para gubernur.

    “Bapak Presiden akan memberikan sapi kurban dalam rangka Idul Adha 1444 Hijriah tahun 2023. Kalau tahun lalu itu 34 provinsi, sekarang ditambah dengan provinsi yang baru terbentuk jadip menjadi 38. Nah di mana saja Bapak Presiden memberikan per provinsi itu bahwa sesuai dengan utusan atau usulan dari pemerintah provinsi masing-masing. Jadi ada usulan dari para gubernur untuk sapi itu didistribusikan,” ujar Heru di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat 23/6/2023).

    Heru menjelaskan, proses pendistribusian sapi kurban Jokowi itu akan bekerja sama dengan Kementerian Agama. Menurut Heru, berat sapi kurban yang disumbangkan Jokowi rata-rata 900 kilogram hingga 1,2 ton.

    “Jenis sapinya adalah simental, limosin, angus, brahman dan tentunya peranakan ongole dari sapi Bali. Dan tadi saya sampaikan rata-rata beratnya 900 sampai 1,2 ton,” ucap dia, melansir IDN.

    Heru mengatakan, Jokowi juga akan menyumbangkan sapi kurban ke Masjid Istiqlal. Selain itu, sejumlah organisasi keagamaan juga akan mendapat sapi kurban dari Jokowi.

    BACA JUGA: Kemenag Bantah Suntik Dana Bantuan ke Ponpes Al Zaytun

    “Ya ini kan yang secara resmi Bapak Presiden memberikan ke Istiqlal seperti tahun lalu, juga ada memberikan di masjid-masjid lainnya termasuk juga ke apa namanya organisasi-organisasi keagamaan,” ucap dia, melansir IDN.

    Meski demikian, Heru enggan membeberkan total anggaran pembelian sapi kurban Jokowi. Heru mengaku tak tahu.

    “Wah saya gak hafal ya anggaran ya. Yang jelas kan bisa lihat di pasaran ya jenis-jenis itu yang beratnya antara 1 ton sampai 1,2,” imbuhnya.

    (Agung)

    Berita Terbaru

    spot_img