spot_img
Minggu 19 Mei 2024
spot_img
More

    Mengenal Jenis-jenis Hand Lift untuk Pemakaian Industri

    FOKUSJabar.id: Hand Lift, dalam industri, menggunakan berbagai macam peralatan yang untuk memudahkan proses pemindahan dan pengangkatan barang. 

    Salah satu peralatan yang umum adalah hand lift atau forklift manual. 

    Beberapa jenis hand lift yang sering industri gunakan dan fitur-fitur yang tersedia.

    Hand Lift dengan Fork Standar:

    1. Fork standar adalah jenis yang paling umum. Alat ini lengkap dengan sepasang tine atau tongs berbentuk garpu untuk mengangkat barang. 

    Fork standar biasanya dapat kita atur lebarnya agar sesuai dengan ukuran dan bentuk barang yang akan kita angkat. Fork standar cocok untuk pemindahan barang-barang ringan hingga menengah.

    Hand Lift dengan Fork Panjang:

    1. Memiliki fork atau garpu yang lebih panjang daripada fork standar. Fork panjang memungkinkan pengangkatan barang dengan ukuran yang lebih besar atau panjang, seperti balok kayu atau pipa. 

    Dengan fork yang lebih panjang, dapat mengangkat dan memindahkan barang-barang yang lebih tidak umum dalam industri.

    Dengan Platform

    1. Lengkap dengan platform datar di atas garpu, yang memungkinkan pengangkatan barang-barang yang tidak stabil atau berbentuk tidak teratur. 

    Platform ini memberikan stabilitas ekstra saat mengangkat barang dan juga dapat berfungsi sebagai alat angkut untuk operator. Jenis ini cocok untuk pemindahan barang-barang seperti kotak, drum, atau benda dengan permukaan datar.

    Baca Juga: Perbedaan Layar AMOLED dan OLED: Teknologi Tampilan yang Memukau

    Skid Attachment:

    1. Skid attachment memiliki aksesori khusus yang bernama skid attachment dengan memasangnya di ujung fork. 

    Skid attachment ini memungkinkan untuk mengangkat dan memindahkan pallet atau skid untuk menyimpan barang. 

    Karena dengan adanya skid attachment, dapat dengan mudah mengangkat dan memindahkan barang dalam jumlah besar dengan efisien.

    Semi-Elektrik:

    1. Semi-elektrik adalah jenis yang lengkap dengan sistem hidrolik manual untuk mengangkat dan menurunkan barang, tetapi memiliki motor listrik untuk membantu pergerakannya. 

    Selain itu, fitur ini memudahkan operator dalam melakukan tugasnya dengan sedikit usaha fisik. Semi-elektrik cocok untuk pemindahan barang-barang yang membutuhkan daya angkat tambahan.

    Hand lift adalah peralatan yang penting dalam industri untuk memudahkan pemindahan dan pengangkatan barang. 

    Memilih jenis hand lift yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik barang yang akan kita angkat sangat penting untuk memastikan efisiensi dan keamanan dalam operasional industri.

    (Erwin/Berbagai Sumber)

    Berita Terbaru

    spot_img