spot_img
Minggu 19 Mei 2024
spot_img
More

    Hari Lingkungan Hidup, DLH Kota Tasikmalaya Ajak Kurangi Sampah Plastik

    TASIKMALAYA,FOKUSJabar.id: Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2023, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tasikmalaya, melakukan aksi Penanaman Pohon dan Mengajak Mengurangi Pemakaian Sampah Plastik.

    Aksi Hari Lingkungan Hidup Sedunia di Kota Tasikmalaya di gelar di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 4 Kota Tasikmalaya, Kamis (15/06/23).

    Plh. Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup Kota Tasikmalaya Feri Arif Maulana mengatakan, peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia, menjadi momentum untuk menjaga dan merawat lingkungan dari berbagai ancaman dan kerusakan.

    BACA JUGA: Sekda Kota Tasikmalaya Ajak Masyarakat Beralih ke Bank Syariah

    “Tema hari Lingkungan Hidup Sedunia kali ini yakni Beat Plastic Pollution, seiring itu, mari bersama untuk mengurangi penggunaan sampah plastik, mari kalahkan polusi plastik,”ungkap Feri Arif Maulana kepada Wartawan Kamis (15/06/23).

    Ia menjelaskan, untuk mengalahkan polusi sampah plastik, harus membangun komitmen bersama untuk tidak menggunakan atau mengurangi penggunaan plastik dalam kehidupan sehari-hari.

    “Kita harus berkomitmen untuk mengurangi penggunaan plastik dari sekarang pasalnya, sampah plastik ini akan mengganggu dan merusak keberlangsungan lingkungan karena membutuhkan waktu yang sangat lama untuk terurai,” kata dia.

    Ia menuturkan, berbeda dengan sampah organik dan anorganik lainnya, sampah berbahan plastik ini menjadi ancaman serius bila tidak ditangani dari sekarang.

    “Penanganan sampah dari plastik ini, sangat sulit, harus membutuhkan alat yang berteknologi tinggi, dan sampai saat ini Dinas Lingkungan Hidup belum memiliki alat khusus untuk mengurai sampah plastik,” ucap dia.

    BACA JUGA: Atasi Stunting di Kota Tasikmalaya, POGI Bakal Periksa Ibu Hamil

    Feri menambahkan, sampah-sampah yang menggunung di TPA Ciangir Tamansari, itu 60 persennya sampah berbahan dari plastik.

    “Kami terus berkomitmen dan mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk mencintai lingkungan dan kehidupan dengan mengurangi penggunaan plastik mulai dari sekarang,” ujar dia.

    (Seda/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img