spot_img
Minggu 19 Mei 2024
spot_img
More

    Hewan Kurban Dipantau DKPP Kota Bandung

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: DKPP Kota Bandung terjunkan 100 personel untuk memantau kesehatan hewan kurban.

    Sejumlah personel itu mulai bertugas dua pekan sebelum Idul Adha 1444 H.

    BACA JUGA:

    2 Pelaku TPPO Diamankan Polres Ciamis

    Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan pada DKPP Kota Bandung, Wilsandi Saefuloh mengatakan, sejumlah personel itu terdiri atas dokter hewan di lingkungan dinas dan perwakilan tiap-tiap bidang, tim pemeriksa disebar ke 30 kecamatan. 

    Wilsandi menyebut, pemeriksaan hewan kurban di Kota Bandung dapat dukungan dari Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI), Prodi Kedokteran Hewan Fakultas Kedokteran Universtas Padjadjaran (Unpad).

    Selain itu, DKPP Kota Bandung juga tengah berupaya meminta dukungan Telkom University dalam hal pendampingan pengoperasian sistem.

    BACA JUGA:

    Seorang Pria di Banjar Tega Menjual Pacarnya Lewat Aplikasi Michat

    Nantinya, hasil pemeriksaan hewan kurban bakal tercatat dalam sistem. Masyarakat dapat mengakses hasil pemeriksaan melalui aplikasi e-Selamat.

    “Hewan kurban yang laik dan sehat tercatat dalam sistem. Masyarakat bisa mengakses pangkalan data (database) hasil pemeriksaan, termasuk foto atas hewan kurban tersebut dengan memindai kode bar yang tertera pada kalung,” ucapnya.

    Selain itu, ia juga berkoordinasi dengan aparatur kewilayahan terkait titik penjualan hewan kurban. Masyarakat yang hendak menjual hewan kurban mesti atas rekomendasi dari aparatur di wilayah masing-masing.

    Wilsandi menambahkan, saat ini Kota Bandung telah nol kasus (zero case) penyakit mulut dan kuku (PMK). Kendati demikian, DKPP Kota Bandung senantiasa melakukan antisipasi dengan vaksinasi.

    “Vaksin PMK di Kota Bandung terus berlanjut, sudah masuk tahap ketiga. Kami pun mewaspadai lumpy skin disease (LSD) pada sapi. Kami segera melaksanakan vaksinasi LSD begitu beroleh bantuan vaksin dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat,” ujarnya.

    (Yusuf Mugni/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img