spot_img
Minggu 19 Mei 2024
spot_img
More

    Ciamis Raih Status Kabupaten Mandiri Pertama di Jawa Barat

    CIAMIS,FOKUSJabar.id: Kabupaten Ciamis di Jawa Barat semakin berkomitmen untuk mendorong pembangunan kabupaten mandiri di wilayahnya. 

    Sekretaris Daerah (Sekda) Ciamis, H. Tatang, mengumumkan bahwa jumlah Desa Mandiri di Ciamis telah mengalami peningkatan signifikan dari 116 menjadi 176 desa. berharap hal ini dapat menjadi dorongan bagi seluruh desa di Ciamis untuk meraih status desa mandiri.

    “Banyak Desa mandiri di Ciamis yang telah meningkat dari sebelumnya 116 desa menjadi 176 desa. Mudah-mudahan semua desa di Ciamis dapat menjadi desa mandiri,” kata H. Tatang saat di gedung Islamic Center Ciamis, Rabu (14/6/2023).

    Tidak hanya itu, Kabupaten Ciamis juga telah menjadi Kabupaten mandiri pertama di Jawa Barat. H. Tatang menjelaskan bahwa indikator untuk mencapai status Kabupaten Mandiri tidak jauh berbeda dengan desa mandiri, tujuannya adalah untuk mencapai target kebijakan umum yang telah ada.

    Pencapaian tersebut berharap dapat tercapai melalui berbagai program rancangan Pemerintah Kabupaten Ciamis dengan bantuan dari pemerintah pusat dan pemerintah provinsi.

    “Perolehan skor IDM Ciamis 0.8294 dan hampir mencapai skor satu untuk Desa Mandiri. Oleh karena itu, Desa Panjalu merupakan contoh desa yang mencapai skor hampir sempurna di sektor sosial, ekonomi, dan budaya,” tambah H. Tatang.

    Baca Juga: ASN Borong Tiket Jajanan Gratis di Hari Jadi Ciamis

    Komitmen pemerintah daerah dan partisipasi aktif masyarakat di Ciamis. Berharap dapat mendorong pembangunan yang lebih baik dan berkelanjutan di seluruh wilayah kabupaten ini. 

    Dengan semakin banyaknya desa yang meraih status mandiri, berharap kesejahteraan dan kemajuan masyarakat Ciamis dapat terus meningkat secara signifikan.

    “Melihat skor yang sudah Ciamis raih di tahun 2023 ini alhamdulillah Ciamis menjadi kabupaten mandiri, prestasi ini merupakan kado untuk kita semua di hari jadi Ciamis ke-381. Ini semua tidak luput dari kerja keras para kepala desa, camat, dan seluruh OPD di Ciamis,” ungkapnya.

    Lebih jelasnya, berikut ini adalah capaian status perkembangan desa di Kabupaten Ciamis tahun 2023 berdasarkan kriteria Indeks Desa Membangun (IDM) Kabupaten Ciamis:

    • Desa Mandiri: Terdapat peningkatan sebanyak 62 desa, dari 116 desa di tahun 2022 menjadi 178 desa mandiri di tahun 2023.
    • Desa Maju: Terdapat peningkatan sebanyak 73 desa di tahun 2023.
    • Desa Berkembang: Terdapat peningkatan sebanyak 7 desa. 

    Kecamatan mandiri: sebanyak 16 meningkat sebanyak 6 kecamatan di tahun 2023.

    Skor IDM Ciamis: 0.8294.

    (Fauza/Erwin)

    Berita Terbaru

    spot_img