spot_img
Rabu 1 Mei 2024
spot_img
More

    Pesantren Harus Mendapat Prioritas Pemerintah

    CIAMIS,FOKUSJabar.id: Ketua Forum Silaturahmi Pondok Pensantren (FSPP) Kabupaten Ciamis, KH Nonop Hanapi meminta, Pemerintah Kabupaten lebih memperhatikan Pesantren.

    Pasalnya, pesantren merupakan bagian dari elemen/stekholder bangsa yang berkonsentrasi dalam membangun kecerdasan manusia secara intelektual maupun spiritual juga emosional.

    KH Nonop mengatakan, saat ini UU tentang pesantren telah ada. Dengan begitu, tidak ada alasan pemerintah kurang memperhatikannya.

    Tinggal tataran teknis daerah yang mengaplikasikannya agar bisa singkron dalam kebijakan yang riil.

    BACA JUGA: ASN Borong Tiket Jajanan Gratis di Hari Jadi Ciamis

    “Tanpa melihat unsur terima kasih politik, tetapi lebih kepada menjalankan UU,” katanya.

    KH Nonop berharap, dalam moment ulang tahun kabupaten Ciamis yang ke 381, semakin terjadinya kolaborasi antara seluruh stakeholder.

    Baik dari sisi aparat, pemangku kepentingan, rakyat, ulama bersatu karena itulah hakikatnya yang menghadirkan keutuhan, kekuatan peradaban bangsa.

    “Hari jadi Kabupaten Ciamis ini tentu harus menghadirkan makna hadirnya pemerintah ditengah masyarakat,” ucapnya.

    KH Nonop melanjutkan, hadirnya pemerintah ditengah masyarakat tentunya harus ada parameter yang dirasakan oleh warga itu sendiri sebagai contoh dirasakan nya rasa aman bagi seluruh masyarakat, peningkatan tatap hidup dari sisi ekonomi dan meningkatnya daya beli serta meningkatnya status kesehatan masyarakat itu merupakan bentuk kerja sama dan sama sama kerja.

    BACA JUGA: Ridwan Kamil Sebut Ciamis Maju dalam Bidang Pertanian

    “Meningkatnya status kesehatan masyarakat itu tentunya harus diupayakan dari berbagai sisi dan mudah mudahan sehat pikir, sehat dohir dan bathin masyarakat sehingga menjadi sebuah tanda masyarakat berkemajuan,”jelasnya.

    KH Nonop menambahkan, meningkatnya Sumber Daya Manusi (SDM) dari berbagai aspek tersebut bisa meningkatkan eksistensi suatu daerah karena SDM yang mumpuni disegala bidang.

    “Saya percaya di Ciamis ini sudah banyak mencetak SDM unggul dan itu sesuai dengan prinsip para pendiri bangsa,” ungkapnya.

    (Husen Maharaja/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img