spot_img
Jumat 19 April 2024
spot_img
More

    Malaysia Tawarkan Opsi Pelayanan Kesehatan Untuk Warga Indonesia

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Masyarakat Indonesia masih menjadikan Malaysia untuk alternatif pelayanan kesehatan dengan kualitas yang baik, bahkan angka kunjungan masyarakat Indonesia ke Malaysia untuk berobat mencapai 300 ribu jiwa pada tahun 2022. 

    Warga Indonesia yang untuk mendapatkan pelayanan kesehatan di Malaysia masuk ke berbagai Rumah Sakit swasta yang ada di Malaysia. 

     Direktur Malaysia Healthcare Travel Council Indonesia Farah Delah Suhaimi mengatakan bahwa warga ke Indonesia untuk berobat berbagai penyakit seperti Jantung, kanker dan ortopedi serta bayi tabung. 

    “Namun untuk pelayanan kami bukan membandingkan dengan pelayanan dengan kesehatan di Indonesia namun kami memberikan opsi pelayanan kesehatan,” kata dia dalam acara Malaysia Healthcare Expo (HM Expo) di Trans Studio Mall, Kamis (1/6/2023).

    BACA JUGA: Maskapai Citilink Segera Buka Rute Penerbangan Tasikmalaya -Jakarta

    Ia menegaskan bahwa hal ini bukan soal persaingan fasilitas Kesehatan mana yang lebih baik. Semua ini buah dari hubungan baik antara kedua negara yang sudah terjalin sejak lama. Maka dari itu, ia tidak menargetkan angka peningkatan industri wisata kesehatan.

    Pasalnya kata dia, opsi kedua bagi masyarakat Indonesia yang ingin mendapatkan pelayanan Kesehatan di Malaysia. Dari sisi jarak juga Malaysia dan Indonesia bertetangga, kultur, makanan hingga Bahasa ada kesamaan. Lalu, harga terjangkau dibandingkan negara lain.

    “Tidak ada persaingan. Rumah sakit di Malaysia dan Indonesia sudah banyak yang bekerjasama. Jadi, tidak ada target harus berapa banyak pasien. Melayani pasien adalah hal utama. Kami adalah alternatif yang bisa dipilih, baik itu atas rekomendasi dokter atau karena ketiadaan fasilitas,” kata dia.

    Acting CEO malaysia Healthcare Travel Council Farizal B Jafaar menjelaskan, hal ini pula yang melatarbelakangi adanya expo atau pameran Kesehatan di Kota Bandung selama empat hari. Pameran serupa sudah dilakukan di Jakarta dan Surabaya. Kegiatan yang sama segera dihelat di berbagai wilayah Indonesia lainnya.

    BACA JUGA: Soal Prabowo-Gibran, Gerindra: Belum Ada Pembicaraan Ke Arah Sana

    Tujuannya, memudahkan masyarakat untuk mendapat informasi layanan Kesehatan, perencanaan perjalanan hingga penawaran harga promo. Contohnya, penawaran harga layanan program bayi tabung Rp 50 juta selama empat hari pameran berlangsung.

    “Bisa konsultasi dengan pihak rumah sakit mengenai perawatan penyakit Jantung, kanker, kesuburan, mata dan lain-lain. Dalam pameran ada 20 fasilitas Kesehatan swasta di Malaysia yang turut serta dalam pameran,” ucap dia.

    Berita Terbaru

    spot_img