spot_img
Tuesday 30 April 2024
spot_img
More

    Pangdam I/BB Ajak Keluarga Besar TNI Wilayah Sumut Sinergi Atasi Berbagai Krisis

    MEDAN,FOKUSJabar.id: Pangdam I/BB, Mayjen TNI A Daniel Chardin, SE, MSi mengajak seluruh pengurus dan anggota dari Keluarga Besar TNI (KBT) wilayah Sumatera Utara (Sumut) untuk bergandeng tangan untuk mengatasai beragam krisis yang terjadi.

    Hal tersebut disampaikan dalam kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) Kodam I/Bukit Barisan. Bersama Keluarga Besar TNI bertempat di Balai Prajurit Makodam I/BB Jln Gatot Subroto Km 7,5 Medan, Jumat (26/5/2023).

    “Bangsa ini tengah mengalami berbagai krisis. Mulai krisis Narkoba yang sangat merusak moral generasi muda. Kemudian krisis nilai-nilai karakter bangsa hingga krisis wawasan kebangsaan,” ucap Mayjen TNI A Daniel.

    Mayjen TNI A Daniel mengatakan, untuk mengatasi baragam krisis yang terjadi, harus ada sinergi dan kolaborasi. Keluarga besar TNI di Wilayah Sumatra Utara harus solid untuk mengatasi hal itu.

    “Demi terwujudnya pengertian antar sesama, kemudian kesepahaman melalui kekeluargaan dan kebersamaan komunikasi sosial seperti hari ini harus terus terlaksana. Demi memelihara dan meningkatkan hubungan antar sesama,” ungkapnya.

    Pangdam I/BB Mayjen TNI A Daniel Ajak Masyarakat Mendalami Ideologi Pancasila

    Pati TNI AD abituren Akmil 1990 itu yakin, upaya dalam membangun karakter bangsa akan berhasil melalui kerja sama Kodam I/BB dengan KBT wilayah Sumatera Utara. Terlebih ketika tercipta masyarakat yang memiliki ideologi bangsa Pancasila dengan bersikap dan bertingkah laku secara santun.

    Kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) Kodam I/Bukit Barisan. Bersama Keluarga Besar TNI bertempat di Balai Prajurit Makodam I/BB Jln Gatot Subroto Km 7,5 Medan
    kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) Kodam I/Bukit Barisan. Bersama Keluarga Besar TNI bertempat di Balai Prajurit Makodam I/BB Jln Gatot Subroto Km 7,5 Medan

    “Mari bersatu bersama dalam perbedaan Bhineka Tunggal Ika. Kekuatan TNI terletak pada kebersamaannya bersama rakyat. Persatuan dan kesatuan bangsa dapat kita wujudkan apabila terwujudnya kesadaran yang tinggi dari kita semua untuk dapat memahami keanekaragaman dan perbedaan yang ada serta adanya toleransi yang tinggi untuk dapat menerima kenyataan bahwa adanya perbedaan itu sendiri,” ungkapnya.

    Sementara itu Kasdam I/BB, Brigjen TNI Rifky Nawawi SE, SIP. Dalam acara yang turut dihadiri para Ketua dari KBT wilayah Sumatera Utara seperti LVRI, Pepabri, PPAD, Hipakad, PPM, KB FKPPI, GM FKPPI, Piveri, Perip, dan lainnya itu, juga ikut memberikan paparan.

    Kasdam IBB, Brigjen TNI Rifky Nawawi SE, SIP
    Kasdam IBB, Brigjen TNI Rifky Nawawi SE, SIP

    Menurutnya, pertemuan ini harus menjadi wahana membangun komunikasi dan menambah wawasan kebangsaan. Karenanya kegiatan silaturrahmi seperti ini perlu terus terlaksana agar hubungan kekeluargaan tetap terjalin lebih erat lagi.

    Jenderal Bintang Satu lulusan Akmil 1988 ini sangat berharap, hubungan emosional/ kekeluargaan antara Prajurit yang masih aktif dengan yang sudah pensiun (purnawirawan) bisa tetap terjalin, melalui kegiatan komunikasi sosial.

    “Komunikasi sosial sebagai metode Binter (pembinaan teritorial) Kodam I/Bukit Barisan dengan KBT seperti ini adalah salah satu upaya meningkatkan ketahanan wilayah yang kondusif. Karenanya kegiatan ini sangat strategis dan perlu terlaksana secara rutin,” jelasnya.

    Selain kehadiran Pangdam I/BB Mayjen TNI A Daniel kegiatan yang mengangkat tema “Satukan Persepsi, Kuatkan Sinergi Guna Merajut Keutuhan NKRI” di Medan, Sumut ini juga menghadirkan Aster Kasdam I/BB, Kolonel Arh Dedik Ermanto, SIP, MT, bersama Perwira Staf Kodam I/BB lainnya.

    Berita Terbaru

    spot_img