spot_img
Kamis 2 Mei 2024
spot_img
More

    Gantikan Orang Tua yang Wafat, Bobby jadi Calon Jemaah Haji Termuda di KBB

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: dari 392 jemaah calon jemaah haji kloter 1 asal Bandung Barat KBB, terdapat satu orang pemuda KBB yang tercatat menjadi calon jemaah haji termuda.

    Diketahui, Ratusan calon jemaah haji kloter 1 asal KBB, Jawa Barat, Jumat (26/5/23) sore diberangkatkan secara simbolis di Pusat Pendidikan Kavaleri (Pusdikav), Padalarang Kabupaten Bandung Barat (KBB) oleh Bupati Bandung Barat Hengki Kurniawan dan PLT Kepala Kemenag KBB

    Pemuda tersebut bernama Bobby Setiawan berumur 19 tahun asal Kampung Walahir, RT 1/3, Desa Kidang pananjung, Kecamatan Cililin, Kabupaten Bandung Barat (KBB).

    Dari ratusan calon jemaah haji tersebut, ternyata terdapat satu orang pemuda di antara 392 jemaah haji asal KBB lainnya yang tercatat termuda.

    Dengan memakai baju seragam haji lengkap dengan peci hitam dan membawa koper, Bobby tampak sumringah dan tak sabar ingin segera berangkat ke tanah suci untuk menunaikan rukun islam ke lima bersama jemaah haji lainnya.

    Saat berkumpul dengan ratusan jemaah haji lain untuk mengikuti arahan dari petugas Kantor Kementerian Agama (Kemenag) KBB, keberadaan Bobby tampak mencolok dengan usia yang sangat muda.

    Bobby pun tak menyangka dapat menjalankan ibadah haji ke tanah suci saat usianya tergolong masih muda yang masuk ke keloter pertama yang berangkat dari Pusdikav Padalarang, Jumat (26/5/2023) sore.

    “Saya berangkat haji hari ini menggantikan orang tua (ibu) saya yang meninggal dunia pada tahun 2016. Saat itu ibu saya daftar pada tahun 2012,” beber Bobby saat ditemui di Markas Pusdikav Padalarang.

    Sebagai calon jamaah haji pengganti sang ibu yang meninggal dunia, Bobby sebelumnya harus menunggu waktu bertahun-tahun, bahkan tahun 2019 keberangkatannya harus tertunda akibat Pandemi Covid-19 melanda tanah air.

    BACA JUGA: Polda Metro Mulai Selidik Kasus Pencabulan oleh Mario Dandy

    “Seharusnya saya berangkat tahun 2019 tapi tertunda, Alhamdulillah sekarang bisa berangkat, bersyukur bisa menjalankan ibadah haji pada tahun ini,” ucap Bobby, melansir Beritsatu.

    Persiapan untuk menjalankan ibadah haji pun benar-benar Bobby lakukan karena di usia yang relatif masih muda, dia berangkat seorang diri atau tidak ditemani oleh pihak keluarga maupun saudara.

    “Saya berangkat sendiri gak ada keluarga lain tapi kalau kesini tadi diantar keluarga,” ungkap Bobby.

    Sementara itu, PLT Kepala Kemenag KBB, Sopian mengatakan, calon Bobby Setiawan tercatat sebagai yang termuda di Bandung Barat karena dia sendiri menggantikan orangtuanya yang meninggal dunia pada tahun 2016.

    “Calon jemaah haji terumuda itu atas nama Bobby Setiawan dari KBIH Al-Mamudiyah Cililin. Hari ini dia akan dilepas dengan calon lain ke embarkasi haji di Bekasi, tapi akan diistirahatkan dulu di Cibening, Purwakarta,” pungkas Sopian.

    (Agung)

    Berita Terbaru

    spot_img