spot_img
Jumat 29 Maret 2024
spot_img
More

    Genjot Kunjungan Wisata, Disparbud Jabar dan PHRI Lakukan Direct Promotion

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Kondisi sektor wisata pascapandemi terus membaik. Hal tersebut tak lepas dari peran pemerintah dan stakeholder dalam menjaga iklim dunia wisata. Meski demikian, upaya untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan terus dilakukan.

    Dinas Pariwisata Provinsi Jawa Barat bersama Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Jawa Barat melakukan direct promotion untuk menggenjot kunjungan turis ke Jawa Barat. Kegiatan itu diselenggarakan di Hotel Sultan, Jakarta, Kamis (25/5/2023).

    Kepala Bidang Pemasaran Disparbud Jabar Chandrawulan mengatakan, sektor Pariwisata di Jawa Barat saat ini sedang bangkit dan simultan dengan pemulihan pasca dampak covid 19.

    “Seluruh stakeholder pariwisata terus bersinergi untuk saling mengisi dan mengakselerasi kunjungan wisatawan ke Jawa Barat untuk menumbuhkan kembali perekonomian Jawa Barat melalui kotribusi Pariwisata terhadap PDRB yakni belanja makan/minum/restaurant dan akomodasi” ucap Chandrawulan, Jumat (26/5/2023).

    Direct Promotion merupakan strategi pemasaran melalui berkomunikasi langsung kepada pelanggan, baik pelanggan baru maupun potensial, tanpa melalui perantara pihak ketiga, seperti media ataupun iklan.

    Ia menjelaskan, direct promotion Pariwisata di Jawa Barat adalah upaya memperkenalkan ataupun menjual produk atau layanannya langsung kepada buyers potensial. Strategi ini dinilai lebih efektif daripada periklanan konvensional.

    BACA JUGA: FAGI Jabar Waspadai Praktik Jual Beli Kursi Siswa di Momen PPDB 2023

    “Karena dengan teknik pemasaran secara langsung, otomatis para seller dapat menyampaikan pesan yang terasa lebih personal kepada buyers yang disesuaikan dengan kebutuhan dan interest mereka terhadap produk dan layanan Pariwisata itu sendiri,” tuturnya.

    Ketua Bidang Restoran dan Pemasaran PHRI Jabar Derry Septiadi menuturkan, Direct promotion merupakan salah satu program kerja yang di rancang oleh PHRI Jabar yang dibuka untuk semua pelaku parisiwata seperti hotel, restoran, objek wisata dalam upaya meningkatkan kunjungan wisatawan ke Jawa Barat.

    Setelah dari Jakarta, akan ada lima kota lain yang akan dikunjungi dalam program Direct promotion PHRI Jabar, termasuk Kuala Lumpur & Johor Baru di bulan Agustus.

    “Kami harapkan acara kegiatan Direct promotion ini bisa berjalan dengan lancar sesuai target dan kegiatan ini dapat berpengaruh terhadap tingkat kunjungan wisatawan ke Jawa Barat baik domestik maupun mancanegara dengan tujuan kegaiatan MICE ataupun berwisata, dan dampaknya bisa menjadi salah satu pendorong peningkatan factor perekonomian Jawa barat lebih baik lagi,” jelas Derry.

    (Agung)

    Berita Terbaru

    spot_img