spot_img
Jumat 26 April 2024
spot_img
More

    Desa Panjalu Ciamis Sabet Predikat Pengelolaan Dana Desa Terbaik Dari DJPb Kemenkeu

    CIAMIS,FOKUSJabar.id: Kabar gembira untuk masyarakat Ciamis khusunya bagi warga Panjalu, Desa Panjalu, Kabupaten Ciamis berhasil menyabet predikat sebagai Desa dengan sistim pengelolaan dana desa terbaik pertama untuk membangun desa yang berkelanjutan.

    Penghargaan tersebut diraih desa Panjalu dari Kementerian Keuangan Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Provinsi Jawa Barat dan diserahkan secara langsung melalui Kakanwil DJPb Jabar, Heru Nugroho kepada Kepala Desa Panjalu di ruang Op Room Setda Ciamis, Rabu (24/5/2023).

    BACA JUGA: Polres Ciamis Gelar Operasi Bina Kusuma Lodaya

    Atas capaian tersebut Bupati Ciamis Herdiat Sunarya mengapresiasi kinerja dari Kades Panjalu dan berharap agar Desa lain bisa termotivasi untuk melakukan kinerja yang lebih baik.

    “Pertahankan terus kinerja yang baik ini, penghargaan itu harus menjadi motivasi untuk desa-desa lain di Ciamis,” kata Herdiat.

    Menurutnya, dana desa merupakan faktor penting dalam menunjang pembangunan dan pemberdayaan masyarakat apalagi saat terjadi pandemi APBD terkena recofusing.

    Herdiat mengungkapkan bahwa APBD Ciamis di Tahun 2023 mengalami sedikit penurunan akan tetapi masih bisa membantu dan sangat dirasakan.

    BACA JUGA: Bupati Ciamis Ingin Hasil BSMSS Dimanfaatkan Masyarakat

    “Kalau kita hanya mengandalkan APBD tentunya akan sangat terbatas untungnya ada dana desa,” ucapnya.

    Bupati menjelaskan, besarnya dana desa yang diberikan harus diseimbangkan juga dengan Sumber Daya Manusia yang kompeten di dalam melakukan tata kelola keuangan untuk mengurangi resiko hukum terutama dalam pertanggungjawaban dan pengadministrasian.

    “Dana desa tidak kurang dari satu miliar bahkan ada juga yang lebih tentu SDM yang mengelola nya juga harus kompeten agar terhindar dari jerat hukum,” pungkasnya.

    (Fauzan/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img