spot_img
Jumat 29 Maret 2024
spot_img
More

    FORKI Jabar Gelar Selekda Pra PON XXI, 70 Atlet Lebih Ikut Serta

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Pengurus provinsi (Pengprov) Federasi Olahraga Karate-do Indonesia (FORKI) Jawa Barat menggelar seleksi daerah (selekda) untuk pembentukan tim karate Jabar menuju babak kualifikasi PON XXI di GOR Sazakawa, Pajajaran Kota Bandung, Sabtu-Minggu (13-14/5/2023). Pelaksanaan babak kualifikasi PON XXI cabang olahraga karate akan digelar pada Agutus 2023 di Banjarmasih, Kalimantan Selatan.

    Wakil Ketua II Bidang Pembinaan dan Prestasi Pengprov FORKI Jabar, Arif Hardiana mengatakan, pelaksanaan seleksi diikuti oleh atlet-atlet kareta terbaik di Jabar. Yakni atlet-atlet juara pada Porprov XIV Jabar serta atlet-atlet hasil pemantauan Binpres FORKI Jabar.

    “Selekda ini tidak kita gelar di semua kelas pertandingan, kita sesuailan dengan kebutuhan. Total atlet yang mengikuti seleksi kurang lebih 70 atlet,” kata Arif saat ditemui di gedung KONI Jabar, Jalan Pajajaran, Kota Bandung, Jumat (19/5/2023).

    Pelaksanaan selekda, lanjut Arif, mempertandingkan tujuh kelas pertandingan. Yakni dua kelas kumite putri, tiga kelas kumite putra, serta kata beregu putra dan putri.

    Dua kelas kumite putri yang dipertandingkan yakni kelas -61 kg dan +61 kg. Sedangkan tiga kelas kumite putra yang dipertandingkan yakni -60 kg, -67 kg, dan -75 kg.

    “Pada selekda kali ini, kita terapkan sistem kompetisi penuh jadi setiap atlet yang berlaga di setiap kelas saling bertemu. Rata-rata, satu orang atlet itu bertanding antara 6 sampai 10 kali sesuai dengan jumlah atlet di kelas yang bersangkutan,” Arif menuturkan.

    BACA JUGA: Sudah Gelar Pelatda PON XXI, Perbasi Jabar Beharap Bantuan Hibah Segera Cair

    fokusjabar.id FORKI Jabar selekda PON XXI
    (FOTO: Ageng)

    Sedangkan untuk pemilihan atlet, kata Arif, pihaknya akan memasukkan atlet yang memiliki kemampuan terbaik. Baik dari sisi teknik, fisik maupun mental bertanding.

    “Kita akan ambil sesuai kebutuhan dengan melihat peta persaingan di masing-masing kelas serta potensi atlet meraih medali,” dia menerangkan.

    Diluar pelaksanaan selekda, Arif mengatakan jika Pengprov FORKI Jabar sudah menetapkan wildcard bagi atlet peraih medali emas kumite perorangan pada PON XX serta atlet eks SEA Games XXXII di Kamboja yang baru saja usai.

    “Ada tiga atlet eks SEA Games Kamboja kemarin yakni Huggies Yustisio, Tegar Januar, dan Sandi Firmansyah yang mendapat wildcard masuk tim Karate PON XXI Jabar tanpa seleksi. Sedangkan untuk peraih medali emas PON XX yakni Sharon Verlina Ririhena,” Arif memaparkan.

    Selain mempersiapkan atlet untuk menghadapi babak kualifikasi PON XXI, Pengprov FORKI Jabar pun berencana memfasilitasi atlet untuk lolos kualifikasi Olimpiade 2024 di Prancis. Yakni mengikuti seri kejuaraan dunia untuk menambah poin kelolosan.

    “Yang terdekat yakni pada ajang Karate 1-Premier League di Fukuoka, Jepang, pada bulan Juni 2023. Rencananya, kita akan kirim Sandy Firmansyah. Untuk komposisi atlet di tim Karate Jabar ini masih memungkinkan berubah dan satu bulan menjelang babak kualifikasi PON XXI kita akan tetapkan komposisi tim inti,” Arif menegaskan.

    (Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img