spot_img
Minggu 28 April 2024
spot_img
More

    Hengkang dari Golkar, Dedi Mulyadi Diminta Temui Airlangga

    JAKARTA,FOKUSJabar.id: Wakil Ketua Umum Partai Golkar, Ahmad Doli Kurnia menyatakan, partainya belum menerima surat pengunduran diri Dedi Mulyadi dari Golkar.

    Beredar kabar bahwa Dedi pindah ke Partai Gerindra. Bahkan, mantan Bupati Purwakarta itu disebut-sebut maju sebagai bakal calon anggota legislatif (caleg) melalui partai yang diketuai Prabowo Subianto itu.

    “Kami ‘kan mendapatkan surat pengunduran diri dari edaran-edaran di media. Secara resmi, formal (surat pengunduran diri) belum,” ujar Doli di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (18/5/ 2023).

    Doli menjelaskan Golkar memiliki mekanisme tersendiri mengenai pengunduran diri seorang kader. Ada proses yang harus dilewati, seperti rapat internal bersama Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golkar.

    Untuk itu, Doli meminta Dedi menghadiri pertemuan tersebut guna mengklarifikasi dan menjelaskan posisinya saat ini. Apabila isu tersebut benar adanya, ia berharap Dedi dapat menyampaikan secara langsung kepada Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto.

    BACA JUGA: Dukung Ganjar Pranowo, Tengku Zanzabella Jadi Bacaleg PDIP

    “Kami mengundang Pak Dedi untuk hadir, minta klarifikasi, kalau memang itu benar disampaikan secara langsung saja ke ketum (ketua umum),” ujarnya, melansir IDN.

    Doli mengatakan Golkar masih mendaftarkan Dedi Mulyadi sebagai bakal caleg DPR RI pada Pileg 2024. Tidak hanya itu, kelengkapan dokumen persyaratan menjadi bakal caleg Partai Golkar pun masih tersimpan baik dan belum ditarik.

    “Dalam daftar 580 bakal caleg yang diajukan Golkar kemarin, masih ada nama Pak Dedi Mulyadi,” kata Doli.

    Diketahui, Dedi Mulyadi masih enggan buka suara perihal pengunduran dirinya dari Partai Golkar dan anggota DPR RI, meski sudah beredar kabar dia akan maju sebagai bakal caleg melalui Partai Gerindra pada Pemilu 2024.

    “Nanti saja (mengomentarinya),” kata Dedi melalui sambungan telepon, saat ditanyakan mengenai surat pengunduran dirinya dari Golkar yang beredar luas di kalangan media, Sabtu, 13 Mei 2023.

    Selain itu, Partai Gerindra juga mengaku telah mendaftarkan Dedi Mulyadi sebagai bakal caleg DPR RI dari partai tersebut di Kantor KPU RI, Jakarta, Sabtu, 13 Mei 2023. Kemudian, pada Minggu, 14 Mei 2023, Partai Golkar pun mendaftarkan Dedi Mulyadi sebagai bakal caleg DPR RI.

    Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) menyatakan akan meminta klarifikasi kepada DPP Partai Gerindra dan Partai Golkar, mengenai pendaftaran Dedi Mulyadi sebagai bakal caleg DPR RI pada Pileg 2024.

    “Dalam penyampaian hasil verifikasi (administrasi persyaratan pengajuan bakal calon anggota DPR RI) tersebut, kami akan klarifikasi kepada kedua partai itu. Jadi, pada dasarnya ini yang benar yang mana seperti itu,” ucap anggota KPU RI Idham Holik kepada wartawan di Jakarta, Selasa (16/5/2023).

    Idham menjelaskan pihaknya belum bisa memastikan pencalonan Dedi Mulyadi melanggar aturan atau tidak. Dalam tahapan verifikasi, KPU akan mengecek dugaan kegandaan pendaftaran dan dokumen Dedi menggunakan dua pasal.

    Di samping itu, Gerindra pun harus menyerahkan surat pernyataan tersebut kepada KPU RI ketika mendaftarkan Dedi Mulyadi sebagai bakal calon anggota DPR.

    (Agung)

    Berita Terbaru

    spot_img