spot_img
Tuesday 30 April 2024
spot_img
More

    12 Kabupaten Dapat Penghargaan Bappenas, Salah Satunya Garut

    JAKARTA,FOKUSJabar.id: Dari 416 kabupaten yang ada di Indonesia, Garut bersama 11 kabupaten dinobatkan sebagai Perencanaan dan Kinerja Terbaik 2023 dalam Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) dari Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Selasa (16/5/2023).

    Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Garut, Didit Fajar Putradi mengatakan, sebelumnya Garut mendapat penghargaan kabupaten terbaik pertama (2023) tingkat Provinsi Jawa Barat.

    Kini, untuk pertama kalinya Garut menerima penghargaan kabupaten terbaik ketiga dalam PPD 2023 tingkat Nasional.

    BACA JUGA:

    Bupati Pangandaran Copot Kepala BKPSDM

    Menurut Didit, penghargaan yang diraih berdasarkan beberapa tahapan penilaian. Di antaranya, penilaian dokumen Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) dan inovasi, presentasi dan wawancara serta verifikasi lapangan.

    PPD merupakan evaluasi komprehensif yang melibatkan tim penilai independen. Yakni, para ahli dan profesional non pemerintah.

    PPD juga didukung oleh tim penilai utama lintas kementerian dan lembaga serta penilai teknis berbagai sektor.

    Juara terbaik ke-3 ini merupakan bentuk motivasi bagi Pemkab Garut untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat.

    “Sesuai penyampaian Kepala Bappenas, Suharso Monoarfa, PPD menjadi pioner dalam membangkitkan evaluasi kreatif terhadap provinsi/kabupaten/kota untuk menguatkan motivasi, menyebarkan inspirasi dan meningkatkan kualitas serta sinergi pembangunan daerah yang lebih baik,” ucapnya.

    BACA JUGA:

    Dicekal KPK, Plh Wali Kota Bandung Sebut Hal Wajar

    Didit mengatakan, PPD memberikan kesempatan bagi daerah untuk menciptakan program inovatif, solutif dan sistematis. Sehingga dampak baiknya dapat terealisasi demi kemajuan bangsa dan negara.

    Hal tersebut sejalan dengan inovasi yang diusung Kabupaten Garut. Yakni, program Gerakan Tenaga Kerja Berkarya (Gentra Karya) untuk menurunkan dan menekan angka pengangguran.

    Salah satu bagian dari Gentra Karya adalah terkait informasi keteagakerjaan.

    “Di Gentra Karya tersebut terdapat beberapa informasi. Di antaranya, lowongan pekerjaan, pelatihan, pemagangan dan sertifikasi,” ungkapnya.

    Berikut Kabupaten Perencanaan dan Kinerja Terbaik 2023:

    Kabupaten Aceh Barat, Bangka Tengah, Garut, Gowa, Hulu Sungai Selatan, Siau Tagulandang Biaro, Lampung Barat, Poso, Sumbawa, Tana Tidung, Tanah Datar dan Kabupaten Temanggung.

    (Bambang Fouristian)

    Berita Terbaru

    spot_img