spot_img
Rabu 24 April 2024
spot_img
More

    NasDem Jabar Pastikan Tidak Ada Mahar untuk Jadi Caleg

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Nasdem Jabar, Saan Mustopa memastikan untuk menjadi calon legislatif partai NasDem tidak mensyaratkan mahar politik apapun terhadap para bacaleg.

    Pihaknya pun mengaku tidak khawatir dengan komitmen kader partai lain yang pindah ke partainya. Sebab, kata dia, partai Nasdem memiliki kultur politik yang baik dan bersih. Hal itu lah yang dinilainya menjadi daya tarik untuk seorang politisi.

    “Pertama tidak ada uang pendaftaran di kami semua sampai materai pun kami siapkan,” kata Saan saat ditemui di Kantor DPW NasDem Jawa Barat, Jalan Cipaganti, Kota Bandung Jabar Kamis (11/5/2023).

    BACA JUGA: Daftarkan 50 Bacaleg ke KPU Kota Bandung, Partai NasDem Targetkan 12 Kursi

    Saan menyebut, pada saat proses pencalegan, semua kader baik itu yang lama atau yang baru diperlukan sama.

    “Kedua, tidak ada jual beli nomor urut. Nomor urut satu tidak perlu dia mengeluarkan uang ratusan juta untuk RI maupun provinsi, semua free,” ucapnya.

    Menurutnya, asas kekeluargaan dan kebersamaan yang dikedepankan Partai NasDem. Sehingga, hal itu diyakini akan meningkatkan komitmen para bacaleg baik yang baru terjun ke dunia politik ataupun mantan kader partai lain yang bergabung ke NasDem.

    “Kami ingin menghilangkan kultur politik yang pragmatis kultur politik yang transaksional. Maka untuk menghilangkan kultur itu proses di awalnya pun kami mulai dengan tidak transaksional, tidak pragmatis, karena itu tidak ada jual beli nomor urut tidak harus bayar jadi nyaleg di NasDem,” ujarnya.

    BACA JUGA: Partai Nasdem Daftarkan 120 Bacaleg ke KPU Jabar, Ada Mantan Wabub Indramayu Lucky Hakim

    Oleh karena itu, pihaknya pun  mengaku optimistis dengan komposisi bacaleg partainya saat ini. Pasalnya, para bacaleg memiliki latar belakang yang beragam dan modal sosial yang kuat.

    “Ada kakak Luky Hakim walaupun dia selebriti tapi sudah pernah menjadi politisi di parlemen sudah anggora DPR RI wakil bupati sudah. Ada kakak Ali Syakieb dia baru bergabung, ada Didi Riadi dia juga baru bergabung masuk politik, ada Ramzi dia juga baru bergabung di politik di dapil 5 Kaka Ali kaka Didi di Dapil 11 ada Farhan karena incumbent lama. Memang masih banyak publik figurnya, tapi tidak sebanyak sebelumnya,”pungkasnya.

    (Yusuf Mugni/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img