spot_img
Sabtu 4 Mei 2024
spot_img
More

    Disdukcapil Ciamis Layani Warga Disabilitas dengan Program Jempol Gadis Manis

    CIAMIS,FOKUSJabar.id: Maksimalkan pelayanan pembuatan identitas kependudukan untuk warga negara Indonesia Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Ciamis membuat inovasi dengan menciptakan program jemput bola bagi warga disabilitas, sakit, dan manula di Ciamis (Jempol Gadis Manis).

    Kepala Bidang Pendaftaran Penduduk (Dapduk) Disdukcapil Ciamis Ade Ruhiat mengatakan bahwa program jempol gadis manis itu diperuntukkan bagi orang yang sakit dan tidak mampu datang langsung ke Capil. 

    “Orang yang tidak bisa datang kesini seperti yang sakit jiwa, sakit badan, lansia kita layani langsung ke rumah nya bahkan sampai ke tempat tidurnya pun kita layani,” kata dia saat ditemui di Kantor Disdukcapil Ciamis, Kamis (27/4/2023). 

    BACA JUGA: Daging Ayam Broiler di Pasar Manis Ciamis Meroket

    Ade menjelaskan bahwa mekanisme kerja  program itu yakni menerima laporan dari pihak Desa atau keluarga dengan kata lain syarat untuk bisa menikmati program tersebut harus ada permohonan dari pihak desa. 

    “Misalnya kita mendapat laporan ada lansia yang belum memiliki KTP ya kita langsung jemput bola layani pembuatan KTP sampai jadi di rumah nya dan itu tidak dipungut biaya alias gratis, kalau ada petugas kita yang pungli langsung ditindak tegas,” katanya. 

    Sementara itu Kasi Fungsional Administrator Database Dukcapil Ciamis Aep Muflihudin mengatakan, tujuan dari dibentuknya program jempol gadis manis yaitu untuk memenuhi hak masyarakat mendapatkan pelayanan dokumen kependudukan. 

    “Jadi tidak ada diskriminasi dalam memberikan pelayanan, baik yang sakit, disabilitas maupun lansia kita layani dengan cara jemput bola ke rumah masing-masing. Asal ada pengajuan dari pihak desa maupun keluarga,” kata dia. 

    Menurutnya, pelayanan jemput bola itu sudah dilakukan sejak lama namun program nya baru diresmikan dan diberi nama Jempol Manis di Tahun 2023.

    Lebih lanjut Aep menjelaskan tidak ada batasan dalam memberikan pelayanan jempol gadis manis itu walaupun ada permintaan dari satu orang dan lokasi nya jauh tetap akan dilayani. 

    BACA JUGA: Gelar Uji Kompetensi, Ketua DPC Demokrat Ciamis Bakar Semangat Para Bacaleg

    “Jadi tidak ada hambatan mau satu orang yang minta walaupun jauh jaraknya akan kita layani asal ada permohonan biasanya melalui perangkat desa nanti datang ke dinas meminta untuk melakukan perekaman ke rumah warga yang sakit, lansia dan disabilitas,” pungkasnya.

    Berita Terbaru

    spot_img